Yuk, Simak Investasi yang Bisa Dilakukan Mahasiswa!

Investasi Mahasiswa. (Source: Canva)

Investasi Mahasiswa. (Source: Canva)

Like

Kesadaran akan kemerdekaan finansial masyarakat Indonesia semakin tinggi. Masyarakat, khususnya netizen, mulai membicarakan pentingnya dana darurat, tabungan, dan investasi. Isu keuangan menjadi isu yang ramai beberapa tahun ke belakang ini.

Tidak hanya masyarakat yang sudah bekerja, masyarakat usia produktif mulai usia 18 tahun sudah mulai melek literasi finansial. Ini merupakan hal yang bagus untuk mengurangi tingginya sandwich generation di Indonesia.

Kesadaran akan kemerdekaan finansial erat kaitannya dengan investasi. Jika dahulu investasi identik dengan orang yang memiliki gaji dua digit lebih atau golongan SES A, kini investasi lebih mudah dijangkau oleh para pemula.

Dengan adanya aplikasi-aplikasi investasi, masyarakat semakin dimudahkan untuk melakukan investasi. Mahasiswa yang dikenal masih mengandalkan uang bulanan dari orang tua pun kini bisa berinvestasi.

Meskipun belum expert dan mengetahui secara dalam setiap instrument investasi, mahasiswa bisa terbantu melakukan investasi secara aman dengan aplikasi-aplikasi legal yang ada.


Apalagi saat menjadi mahasiswa adalah saat terbaik melakukan investasi karena kamu belum memiliki tanggung jawab keuangan yang banyak.

Kira-kira apa saja investasi yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, ya?
  1. Reksadana
    Dilansir dari website Bursa Efek Indonesia (idx.co.id), Reksa Dana merupakan salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

    Reksa Dana dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi, namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas.

    Reksadana termasuk investasi dengan resiko yang kecil, sehingga cocok untuk mahasiswa yang pengetahuan soal investasi dan dananya terbatas.
     
  2. Emas
    Emas sudah menjadi instrumen investasi yang diminati sejak dulu. Resikonya yang cenderung rendah dan nilainya yang stabil membuatnya cocok jadi pilihan investasi mahasiswa.

    Dalam berinvestasi emas, lebih disarankan untuk membeli emas dalam bentuk batangan atau logam mulia, bukan perhiasan, karena nilainya akan berbeda jika dijual kembali.

    Kamu bisa membeli emas yang terpercaya di Pegadaian, Unit Bisnis Antam, Bank Syariah, atau Marketplace Official Seller.
     
  3. Tabungan Berjangka
    Dilansir dari Bisnis.com, tabungan berjangka merupakan produk perbankan yang memungkinkan nasabah menabung secara rutin melalui penarikan dana otomatis (autodebet) tiap bulannya.

    Tabungan berjangka memiliki ketentuan jangka waktu atau tenor yang disepakati. Biasanya berkisar antara 1-20 tahun dan ada biaya penalti jika diambil sebelum jatuh tempo.

    Tabungan berjangka cocok sebagai investasi mahasiswa karena menawarkan bunga yang lebih tinggi dibandingkan jenis tabungan biasa, resikonya juga kecil dibandingkan instrument investasi lainnya.

Dari tiga instrument investasi yang cocok untuk mahasiswa, mana yang menarik untukmu? Kamu bisa menggunakan aplikasi investasi yang bisa didownload di playstore maupun appstore. Banyak aplikasi investasi legal yang sudah menyediakan panduan berinvestasi secara aman.


Punya pengalaman investasi saat masih mahasiswa? Atau kamu mahasiswa yang sedang mencoba investasi dan ingin membagikannya juga? Yuk, mulai tulis pengalamanmu seputar investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, ataupun entertainment di Bisnis Muda dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.