Harga Tiket Pesawat Melambung, Apa Penyebabnya?

Peminat Tinggi, Tiket Pesawat Mengalami Kenaikan. (Sumber: Canva)

Peminat Tinggi, Tiket Pesawat Mengalami Kenaikan. (Sumber: Canva)


Beberapa bulan ke belakang sektor pariwisata sedikit lesu. Kenapa ya?

Salah satunya karena moda transportasi cepat yang menjadi andalan untuk berwisata jarak jauh, seperti pesawat, mengalami kenaikan harga tiket yang cukup tinggi. 

Hal ini membuat banyak orang menunda rencana liburan yang membutuhkan pesawat sebagai moda transportasinya. Mereka lebih memilih untuk mengubah destinasi atau beralih menggunakan moda transportasi darat dan laut.

Kenaikan tiket pesawat sebenarnya bukanlah hal yang baru, ini sempat terjadi juga di tahun-tahun sebelumnya. Namun, kenaikan saat ini terjadi secara drastis.
 

Penyebab Harga Tiket Pesawat Naik

Sebenarnya kenapa sih, tiket pesawat bisa naik secara drastis pada periode ini?

Bisnis Muda punya jawabannya untuk kamu!

 

1. Kenaikan Harga Avtur

Berbeda dengan kendaraan bermotor yang menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) sebagai bahan bakar utamanya. Pesawat menggunakan bahan bakar bernama avtur sebagai tenaga.

Harga avtur sangat dipengaruhi oleh harga minyak dunia. Pada kuartal I 2022 masih melambung tinggi dikarenakan konflik Ukraina – Rusia, sehingga harga avtur pun mengikuti tinggi.

Dari Bisnis.com, CM Commercial Support Lion Air Group Saleh Alatas menjelaskan penyesuaian harga tiket menyusul kenaikan harga avtur tidak terelakkan. Hal itu disebabkan karena komponen biaya avtur yang memakan porsi terbesar dalam keseluruhan biaya operasional.
 

2. Efek Domino Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 yang terjadi sejak tahun 2020 di Indonesia memiliki dampak yang besar terhadap maskapai penerbangan.

Penerbangan sempat beku selama kurang lebih 1 tahun. Hal ini membuat banyak maskapai yang melakukan pengurangan karyawan dan menutup beberapa rute penerbangannya.

Ketika pandemi mulai surut dan kebijakan pemerintah mulai longgar, penerbangan diperbolehkan kembali. Kondisi ini mendorong masyarakat untuk mulai menggunakan pesawat kembali.

Akibatnya terjadi peningkatan permintaan sedangkan ketersediaan pesawat rendah karena sudah terjadi layoff dan penutupan rute.
 

3. Kebijakan Pemerintah

Kenaikan harga avtur yang cukup tinggi membuat pemerintah harus mengeluarkan kebijakan terkait hal ini.

Dikutip dari Bisnis.com, Pemerintah resmi memberikan restu bagi maskapai penerbangan untuk mengenakan biaya tambahan hingga 15 persen mulai 4 Agustus 2022. Dengan adanya kebijakan tersebut, maka harga tiket pesawat bakal naik.

Kebijakan itu tertuang dalam Kepeutusan Menteri Perhubungan No.142/2022 tentang Besaran Biaya Tambahan (Surcharge) Yang Disebabkan Adanya Fluktuasi Bahan Bakar Tarif Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Dengan adanya kebijakan ini, maskapai penerbangan dapat menaikan tarif tiket pesawatnya.
Buat kamu yang mau menggunakan pesawat tapi terhalang biaya, Bisnis Muda sarankan untuk membeli tiket penerbangan di weekdays  dan siang hari agar bisa mendapat harga tiket yang lebih murah.

Baca juga: Alasan Badan Pesawat Berwarna Putih, Kenapa Ya?

Mau curhat pengalamanmu juga soal tiket pesawat yang melambung tinggi? Bisaaa, yuk, mulai tulis pengalamanmu seputar investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, ataupun entertainment di Bisnis Muda dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.