Konektivitas Satelit jadi Fitur Terbaru Apple di Iphone 14, untuk Apa?

iPhone 14 concept render oleh Ian Zelbo (Sumber: macrumors.com)

iPhone 14 concept render oleh Ian Zelbo (Sumber: macrumors.com)


Gawai kini menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang, apalagi orang-orang yang berada pada usia produktif karena memudahkan pekerjaan.

Dari ragam gawai yang ada, yang paling mudah ditemui dan dimiliki oleh hampir semua orang adalah telepon genggam atau handphone. Telepon genggam sudah mengalami proses evolusi yang cukup panjang hingga saat ini.

Kini, telepon genggam disebut dengan istilah smartphone  karena fiturnya yang semakin canggih. Salah satu smartphone yang peminatnya tinggi dan termasuk paling canggih adalah iPhone.

Smartphone keluaran perusahaan Apple ini bahkan sudah memasuki seri 14. iPhone 14 menjadi smartphone terbaru keluaran Apple yang direncanakan akan launching pada September.

Bisnis.com melaporkan, ada sebuah laporan baru dari Ming-Chi Kuo yang menyebutkan bahwa Apple mungkin akan menyematkan fitur komunikasi satelit pada iPhone 14.


Jika Apple benar-benar menyematkan fitur konektivitas satelit, maka iPhone 14 akan menjadi smartphone pertama yang memiliki fitur secanggih ini.

Sumber dari Bisnis.com juga menyebutkan bahwa Apple sudah menyelesaikan pengujian perangkat kerasnya untuk fitur komunikasi satelit pada iPhone14.

Dalam pengaplikasian fitur ini, Apple akan bekerja sama dengan Globalstar, perusahaan satelit komunikasi dari Amerika. Globalstar sendiri baru mengumumkan bahwa pihaknya telah mengakuisisi 70 satelit baru untuk menyediakan layanan satelit berkelanjutan kepada pelanggan potensial.


 

Memang, Seberapa Penting Fitur Konektivitas Satelit dan Untuk Apa?

 

(Sumber: Canva)

(Sumber: Canva)


Fitur konektivitas satelit bertujuan untuk membantu pengguna smartphone meminta bantuan saat berada dalam keadaan bahaya sekalipun di tempat yang sangat terpencil.

Selama ini smartphone yang ada harus terhubung ke jaringan operator tertentu agar dapat berfungsi sebagai mana mestinya untuk mengirim pesan. Jaringan operator saat ini juga terbatas pada wilayah.

Misalnya kamu menggunakan jaringan operator A karena lancar digunakan di tempat tinggalmu. Kemudian kamu berpindah ke lokasi yang jauh dari keramaian kota. Belum tentu operator yang kamu gunakan dapat lancar seperti di tempat sebelumnya.

Hal tersebut bisa jadi karena tidak ada menara pemancar sinyal dari operator ataupun lemahnya sinyal yang dipancarkan. Fitur konektivitas satelit coba menjawab permasalahan ini.

Meskipun kamu tidak terhubung dengan operator manapun, kamu akan tetap bisa mengirimkan pesan bantuan. Ini dikarenakan smartphone akan langsung terhubung ke satelit yang berada di luar angkasa.

Seiring meningkatnya bencana alam, malfungsi transportasi, dan konflik geopolitik yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir, fitur ini dapat menjadi penyelamat.

 

Baterai iPhone 14


Dari segi baterai, iPhone 14 berbeda dari pendahulunya. iPhone 14 dibekali baterai dengan daya 3115 mAh, berbeda dengan iPhone 13 yang daya baterainya lebih besar yaitu 3240 mAh. Namun, Apple mengklaim bahwa penurunan daya tidak akan berpengaruh drastis terhadap performa. 

 

Kapan iPhone 14 Launching?


IPhone 14 termasuk produk yang sangat ditungg-tunggu peluncurannya. Banyak orang yang sudah menyiapkan dana agar dapat membawa pulang ponsel dari perusahaan besutan Steve Job ini. Dikabarkan dari Bisnis.comApple akan merilis iPhone 14 di tanggl 9 September mendatang. 

Dengan adanya fitur konektivitas ini, apakah kamu tertarik untuk menggunakan iPhone 14?


Punya opini yang ingin kamu bagikan bersama Bisnis Muda? Yuk, mulai tulis pengalamanmu seputar investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, ataupun entertainment di Bisnis Muda dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.