BGTC 2022: Pegadaian Wacanakan Jadi Bullion Bank Pertama. Apa Itu?

Image: dokumentasi BGTC Pekanbaru

Image: dokumentasi BGTC Pekanbaru


Dalam perhelatan BGTC yang digelar di UIR Pekanbaru, Kamis (22/9), Pegadaian mengklaim bahwa mereka akan jadi satu-satunya Bullion Bank di Indonesia. Apa yang dimaksud Bullion Bank?

BGTC atau Bisnis Indonesia Goes to Campus telah selesai digelar. Salah satu materi yang dibahas pada kegiatan ini adalah mengenai “Nabung Emas Yuk”. 

Pegadaian sebagai institusi yang menyediakan layanan tabungan emas kepada nasabah menjadi pembicara. 

Marketing Officer Pegadaian Area Pekanbaru, Ardian, menjelaskan saat ini ada sekitar 21 juta nasabah tabungan emas Pegadaian. 

Jumlah saldo yang sudah disimpan perseroan bahkan mencapai sekitar 81 ton emas dan sebagai cadangan devisa di Indonesia. 


Ardian kemudian melanjutkan bahwa Pegadaian diperkirakan akan menjadi Bullion Bank atau bank emas di Indonesia dalam kurun waktu 2 tahun ke depan. 

Baca Juga: Investasi Emas, Seperti Apa Kelebihannya?

Menurutnya dengan menjadi bank emas, Pegadaian akan ikut menguatkan perekonomian bangsa Indonesia dari tekanan inflasi, karena emas memang telah menjadi salah satu komoditas investasi yang menjadi pilihan sejak lama.
 

Apa itu Bullion Bank?


Bullion Bank adalah bank emas, sebuah bank yang akan mengatur transaksi jual dan beli logam mulia di suatu negara. 

Istilah bullion bank atau bank emas sendiri bukan merupakan istilah yang baru, bank emas telah menjadi pembicaraan dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia.

Keberadaan bank emas di Indonesia dianggap akan menjadi penting khususnya dalam mengelola komoditas emas, karena Indonesia memiliki tambang emas yang sangat besar.

Dilansir dari IDX Channel, salah satu keuntungan memiliki bank emas batangan di Indonesia adalah nasabah asing dapat membeli emas batangan dari Bank Indonesia. 

Hal tersebut karena harga yang kompetitif dan tidak ada biaya pengiriman untuk emas batangan fisik dari luar negeri ke Indonesia.

Layanan yang ditawarkan dalam Bullion Bank meliputi peminjaman, investasi, jual beli fisik batangan, penyimpanan emas batangan, penjualan sertifikat emas dan penyediaan layanan akun batangan.

Melihat tingginya potensi yang akan dihasilkan dan besarnya cadangan emas di Indonesia, Bullion Bank menjadi sesuatu yang patut direalisasikan dan ditunggu. 

Baca Juga: Investasi Cicil Emas, Lebih Cuan?

Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.