Bijak Investasi, Simak 3 Tips Memilih Saham Syariah Berikut!

Tips Memilih Saham Syariah. (Sumber: Canva)

Tips Memilih Saham Syariah. (Sumber: Canva)


OJK melalui pasar modal syariah telah menerbitkan saham-saham syariah. Berbeda dari saham konvensional, kamu bisa menggunakan tips ini untuk memilih saham syariah. 

Saham tidak bertentangan dengan syariat islam, sehingga dapat menjadi efek syariah. Namun, tidak semua saham dapat menjadi saham syariah. 

Saham yang masuk kategori syariah adalah saham dari perusahaan atau emiten yang tidak memproduksi atau menjalankan bisnis yang bertentangan dengan prinsip islam.

Saham syariah dapat menjadi jawaban untuk kamu yang menginginkan investasi namun jauh dari riba. 
 

Tips Memilih Saham Syariah


Dari banyak saham syariah yang ada di Indonesia, kamu perlu memilih mana yang tepat untuk dijadikan aset investasi. Bisnis Muda telah merangkum tips yang dapat kamu gunakan untuk memilih saham syariah. 


Baca Juga: Yuk, Simak Tips Sebelum Investasi di Saham Syariah
 

1. Pastikan Terdaftar dalam DES


DES adalah daftar efek syariah, ini merupakan kumpulan efek syariah yang diterbitkan oleh OJK. Saham yang dikategorikan syariah pasti ada dalam DES.

Saham yang terdaftar dalam DES pun tidak sembarangan masuk, ada screening atau penyaringan yang dilakukan. 

Penyaringan yang dilakukan berupa bisnis yang dijalankan, kesesuaian dengan syariat, dan finansial emitennya.

Sehingga ketika aset sahammu terdaftar dalam DES sudah bisa dipastikan bahwa saham tersebut adalah saham syariah yang baik dari segi bisnis maupun finansialnya.
 

2. Pilih Saham Melalui Indeks Saham Syariah


OJK telah menerbitkan indeks saham syariah yang berisi saham-saham syariah yang ada di Bursa Efek Indonesia.

Setidaknya ada tiga indeks saham syariah di Indonesia, Jakarta Islamic Index, Jakarta Islamic Index 70, dan IDX-MES BUMN 17.

Saham-saham yang terdaftar dalam indeks-indeks tersebut adalah saham terpilih yang memiliki nilai kapitalis terbesar dan nilai likuiditas perdagangannya tinggi satu tahun terakhir. 

Memilih saham yang terdaftar dalam indeks ini akan membantumu menentukan mana saham yang memiliki latar belakang yang baik. 
 

3. Memiliki Rekening SOTS


SOTS adalah Shariah Online Trading System. Dilansir dari IDX Islamic, SOTS adalah sebuah sistem transaksi saham syariah secara online yang memenuhi prinsip-prinsip syariah di pasar modal.

SOTS dikembangkan oleh anggota bursa sebagai fasilitas atau alat bantu bagi investor yang ingin melakukan transaksi saham secara syariah.

Dengan SOTS transaksi saham syariah akan jauh lebih mudah karena SOTS memiliki beberapa fitur. 

Salah satu fitur adalah tidak dapat melakukan transaksi membeli saham dengan dana pinjaman dari sekuritas (margin trading).

Selain itu juga tidak dapat melakukan transaksi jual saham syariah yang belum dimiliki (short selling).

Sudah siap investasi di saham syariah, Be-Emers?

Baca Juga: Umat Muslim, Ini Daftar Indeks Saham Syariah di Indonesia!

Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.


penulis: syafira