Investasi Cicil Emas, Lebih Cuan ?

Ilustrasi investasi logam mulia. Image Canva

Ilustrasi investasi logam mulia. Image Canva


Be-emers, siapa sih yang hari gini masih belum mulai investasi? Apalagi kita nih para milenial wajib banget untuk mulai investasi demi masa depan. Investasi sendiri sebetulnya bisa dalam bentuk apa saja ya Be-emers, tapi ada lho jenis instrument yang emang nilainya cukup stabil dan aman untuk pemula yaitu logam mulia atau emas.

Selain harga yang cukup terjangkau, emas sendiri merupakan investasi yang tidak pernah lekang oleh waktu. Apalagi sekarang dengan kemudahan teknologi, pembelian emas untuk investasi secara tunai mulai bergeser menjadi produk cicilan.

Membeli emas dengan cara dicicil ini biasanya disebut menabung emas ya Be-emers, cara ini ternyata cukup menguntungkan loh untuk investor karena bisa menyesuaikan dengan kemampuan finansialnya masing-masing.

Nah, kali ini Be-emin akan mengulas nih apakah investasi emas dalam cicilan itu lebih cuan dan lebih aman?
Menurut beberapa pakar keuangan, membeli emas memang lebih baik dilakukan secara tunai, sebab membeli emas dengan dicicil harganya tentu akan lebih mahal. Tapi, membeli emas dengan cara dicicil pun juga memiliki kelebihannya sendiri lho.

Mencicil emas ini cocok untuk investasi jangka panjang, jadi tidak ada salahnya untuk membandingkan dulu dulu antara nilai total pembelian emas dengan cara dicicil dan secara tunai. Tujuan membandingkan ini agar kita bisa mengetahui besaran dana yang harus dikeluarkan saat membeli produk emas ya Be-emers.

 

Ilustrasi investasi logam mulia. Image Canva

Ilustrasi investasi logam mulia. Image Canva


Biasanya, semakin kecil satuan emas yang dibeli dengan cara dicicil harganya semakin jauh lebih mahal, sementara semakin berat satuan emas yang dibeli, harganya akan tetap kompetitif saat dibeli dengan dicicil.

Terpenting, yang perlu diperhatikan saat berinvestasi emas dengan cara dicicil adalah:

1. Perhatikan biaya dan bunga cicilan pembelian yang bisa saja membesar, dimana bunga yang membesar ini nantinya pasti akan mengurangi keuntungan kita ya Be-emers.

2. Perhatikan jangka waktu mencicil emas, sedikit  tips untuk menghindari bunga yang besar tentu ambil tenor waktu jangan terlalu lama ya.

3. Lihat ketentuan biaya keterlambatan yang harus dibayar saat telat mencicil emas.

4. Pahami mekanisme proses pencairan tabungan emas.

Yuk, sharing di kolom komentar atau tulis aja pengalaman kamu di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.