UMKM Berjaya, Ini Ragam Cinderamata G20 untuk Dunia

Cinderamata G20. (Foto: Setneg.go.id)

Cinderamata G20. (Foto: Setneg.go.id)


G20 telah usai meninggalkan banyak cerita. Salah satunya adalah cinderamata resmi yang dibagikan untuk delegasi. Apa saja dan darimana cinderamata tersebut?

G20 telah usai dilaksanakan dengan puncak dan penutupannya di Bali pada tanggal 15-16 November 2022. Perhelatan ini meninggalkan kesan tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Sebab, ini pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah forum ekonomi internasional G20

Kegiatan ini ternyata juga membawa dampak langsung bagi masyarakat Indonesia, lebih tepatnya UMKM.

UMKM yang ada di Indonesia diberdayakan untuk memproduksi cinderamata yang akan dibagikan kepada utusan-utusan yang hadir pada G20.
 

Cinderamata G20



Dilansir dari instagram resmi Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (kemensetneg.ri), pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah G20 2022 telah mempersiapkan dengan baik bahkan hingga cinderamata.

Baca Juga: The Apurva Kempinski Jadi Lokasi G20, Siapa Pemiliknya?
 

1. Batik Tiga Negeri


Batik Liem Ping Wie (lpw) merupakan batik asli pekalongan. Ciri khasnya ada pada detail motif dan pewarnaannya yang cerah. 

Cinderamata ini diberikan dalam bentuk lembaran kain. Kain batik ini diberikan karena merupakan warisan unik batik cina peranakan yang hanya ada di Indonesia.
 

2. Tenun Ikat Catri


Kain Tenun Ikat Catri merupakan produk dari UMKM asal Klungkung, Bali. Kain ini dibuat secara handmade dengan teknik tenun ikat tanpa meninggalkan keaslian kain endek.

Pada G20 tenun ikat catri diberikan sebagai cinderamata dalam bentuk pakaian vvip welcoming dinner untuk pria dan wanita. 
 

3. Kain Batik Mangrove


Merupakan kain batik yang bahan pewarnanya berasal dari limbah hutan bakau dengan motif pesisir. Limbah yang digunakan adalah buah atau batang mangrove yang sudah membusuk.

Pada G20 cinderamata ini diberikan dalam bentuk lembaran kain yang bisa dikreasikan sendiri oleh delegasi-delegasi yang akan menerimanya.
 

4. Kerajinan Gading Kulit Abalone


Kerajinan ini mengambil model menyerupai gading gajah dan sangat cocok untuk dekorasi yang elegan. 

Kerajinan perak ini terbuat dari ukiran perak 925 dengan bahan dasar kulit kerang abalone budidaya.
 

5. Kerajinan Perak Rumah Adat dan Alat Musik Daerah “Sape”


Kerajinan perak yang jadi cinderamata dalam G20 terbagi menjadi kerajinan perak rumah adat dan kerajinan perak alat musik daerah "Sape".

Kerajinan perak ini berbahan dasar full perak 925 dengan model yang berbeda. Diberikan sebagai cinderamata dengan alas logam dan dibungkus kotak bersampul beludru.

Baca Juga: Selain Anne Hathaway G20 Dihadiri Artis Ini, Apa Agendanya?
 

6. Patung Uang Kepeng Lumbung Bali


Patung ini dibuat dengan bahan khusus yang merupakan campuran logam atau pancadatu, campuran dari emas, perak, kuningan, besi, dan tembaga.

Dasar patung dibuat dengan bahan kayu bentawas kemudian dicat dengan perada emas 24 karat.
 

7. Keris


Keris Nogosari Ladrang Jogja 15 luk berbahan perak lapis emas menjadi cinderamata. Keris ini dibuat di Desa Aeng Tong Tong, Madura.

Keris ini memiliki unsur nama Jogja karena menggunakan gaya ladrang Jogja. Diberikan sebagai cinderamata dengan kotak elegan.

Keren ya, Be-Emers!

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.