Kaya Sumber Daya Alam, Ini 3 Sungai Terpanjang di Indonesia!

Sungai Terpanjang di Indonesia. (Ilustrasi: Canva)

Sungai Terpanjang di Indonesia. (Ilustrasi: Canva)


Indonesia memiliki banyak aliran sungai, diantaranya ada yang menjadi sungai terpanjang. Mana saja yang termasuk sungai terpanjang di Indonesia dan bagaimana pemanfaatannya?

Saat ini sungai tidak hanya menjadi aliran saja, sungai memiliki banyak manfaat untuk masyarakat di sekitarnya. Jika kualitasnya bagus, bisa digunakan untuk menyuplai kebutuhan air bersih atau air minum.

Jika tidak bisa dikonsumsi namun masih berkualitas baik, bisa digunakan untuk kebutuhan irigasi. Tidak jarang aliran sungai juga sering dipakai untuk kegiatan perikanan.

Jika sungainya memiliki hal unik, misalnya ada pasar terapungnya, bisa dijadikan objek wisata. Selain beberapa hal di atas, aliran sungai paling sering dijadikan alternatif jalur transportasi oleh masyarakat. 

Di Indonesia sendiri terdapat sekitar 64.174 desa dan kelurahan yang dilintasi sungai (data dari Podes, 2019). Sungai merupakan salah satu fungsi vital bagi masyarakat Indonesia, sehingga pemerintah memperingati Hari Sungai Nasional setiap tanggal 27 Juli sejak tahun 2011.


Peringatan Hari Sungai Nasional ini sudah ditetapkan melalui Pasal 74 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 2011 tentang Sungai.

Baca Juga: Apa Aja Sih Peluang Cuan dari Olahan Pesisir?
 

Sungai Terpanjang di Indonesia


Lalu, apa saja 3 sungai terpanjang di indonesia? Simak ya!
 

1. Sungai kapuas


Namanya sudah terkenal se-Indonesia. Sungai yang ada di Provinsi Kalimantan Barat ini memiliki panjang 1.143 kilometer.

Hulu sungainya terletak di Pegunungan Muller dan berakhir di Selat Karimata. Sungai Kapuas juga punya cerita legenda naga dan buaya.

Cerita ini lahir dari kerajaan bernama Kahayan Hilir yang menjadikan kedua putra raja sebagai naga dan buaya penunggu Sungai Kapuas.
 

2. Sungai Mahakam


Lagi-lagi sungai yang terletak di wilayah Pulau Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Timur. Sungai Mahakam memiliki panjang 920 kilometer.

Sungai ini bermuara di Selat Makassar dengan hulu sungainya terletak di Kabupaten Kutai Barat.

Selain menjadi sumber air dan transportasi bagi masyarakat setempat, Sungai Mahakam menjadi tempat tinggal bagi mamalia ikan air tawar yakni Pesut Mahakam (Orcella brevirostris). Pesut Mahakam merupakan lumba-lumba air tawar yang kini kondisinya sudah terancam punah.

Baca Juga: PDAM, PUPR, dan Schneider Berkolaborasi Mengelola Smart Water untuk Efisiensi Air
 

3. Sungai Barito


Sungai Barito mengalir dari Provinsi Kalimantan Tengah sampai ke Provinsi Kalimantan Selatan. Sungai mengalir sejauh 890 kilometer dengan hulu berada di Pegunungan Schwaner dan bermuara di Laut Jawa.

Keterikatan masyarakat dengan sungai menjadikan sungai tak lepas dari kehidupan sehari-hari. Di Kalimantan Selatan tepatnya di Banjarmasin terdapat pasar terapung di muara kuin.

Pasar ini menjadi objek wisata unik dimana pedagang dan pembelinya semua berada di atas perahu. Pasar ini terletak di persimpangan Sungai Kuin dan Sungai Barito, ini merupakan pasar terapung tradisional yang melegenda.

Menurutmu apa arti penting sungai di kehidupanmu? Ceritain di kolom komentar ya! (RAD)

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.