Apa Aja Sih Peluang Cuan dari Olahan Pesisir?

Seafood - Canva

Seafood - Canva

Udara sejuk, sunset, es kelapa muda, hamparan pasir, dan makan seafood ditemani suara ombak yang aduhai. Duh, jadi kangen liburan ke pantai. Hihi

Kamu suka jalan-jalan di daerah pesisir enggak nih, Be-emers? Atau, kamu tinggal di daerah pesisir?

By the way, sebagai negara maritim, Indonesia memang punya garis pantai hingga lebih dari 80.000 km lho! Bahkan, negara kita ini masuk dalam negara dengan garis pantai terpanjang di dunia.

Enggak cuma itu, kamu pun bisa memanfaatkan sumber daya yang berlimpah ruah di daerah pesisir nih, Be-emers!

Baca Juga:  Berburu Lobster Udang Batu
 

Dari Hewan Laut, Hingga Mangrove

Sudah jelas banget nih, hasil tangkapan laut alias seafood memang jadi primadona. Kamu bisa mengolah seafood dengan berbagai macam produk nih.

Mulai dari ikan dalam kaleng kemasan, keripik, hingga jadi frozen food. Semuanya bisa kamu olah dan pasarkan di pasar maupun secara online.

Enggak cuma itu, kamu pun juga bisa mengolah berbagai tanaman yang tumbuh di pesisir dan laut lho. Mangrove dan rumput laut adalah sejumlah sumber daya alam yang bisa dikembangkan menjadi berbagai macam produk juga nih.

Bahkan, dilansir dari Harian Bisnis Indonesia, hasil olahan mangrove dan rumput laut bisa dibuat menjadi aneka makanan, yang paling sederhana adalah kerupuk dan keripik.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mengembangkannnya menjadi bahan baku pembuatan kosmetik atau produk kesehatan seperti sabun atau salep untuk pengobatan kulit nih, Be-emers.

Meski begitu, kamu perlu riset yang mendalam terlebih dahulu untuk bisa tahu potensi dari bahan baku tersebut. Hal itu dilakukan agar kamu juga bisa melakukan inovasi produk.

Soalnya, enggak sedikit dari tanaman maupun hewan laut yang punya kandungan alami yang berkhasiat untuk kesehatan serta enak untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Bikin Suasana Liburan di Rumah, Berbisnis Hammock Bisa Jadi Pilihan