Biaya Apa Saja yang Dibutuhkan Saat Punya Hewan Peliharaan?

Biaya Apa Saja yang Dibutuhkan Saat Punya Hewan Peliharaan? llustration Web Bisnis Muda - Canva

Biaya Apa Saja yang Dibutuhkan Saat Punya Hewan Peliharaan? llustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Be-emers tau nggak sih, menurut Survei Pemilik Hewan Peliharaan Nasional 2021-2022 yang dilakukan oleh American Pet Products Association, karena COVID-19, adopsi hewan peliharaan telah meningkat di beberapa wilayah karena orang-orang mencari teman dan sahabat baru sambil menghabiskan waktu dengan tinggal di rumah saja.

Namun, seperti halnya anak-anak manusia, biaya untuk membawa pulang dan merawat bayi berbulu bisa sangat tinggi, lho. Kamu perlu mempertimbangkan biaya vaksinasi, makanan, dan sejumlah pengeluaran berulang dan satu kali lainnya.

Menurut APPA, diperkirakan kamu dapat menghabiskan $326 setahun atau setara dengan Rp 4,5 juta untuk makanan dan camilan saja, dengan asumsi peliharaanmu bukan pemakan yang pilih-pilih atau membutuhkan diet khusus.

Lalu, biaya apa saja yang mungkin akan ditanggung saat memelihara hewan?
 

Biaya Adopsi

Biaya pertama yang dikeluarkan dalam memelihara hewan adalah biaya adopsi, kecuali kamu kebetulan menemukan kucing terlantar di sekitarmu. Menurut riset dari Claudine Sievert, seorang dokter hewan di Manhattan, Kansas dan konsultan hewan di CatPet.club, biaya adopsi hewan dari tempat penampungan berkisar $200 atau setara dengan Rp 2,8 juta.

Namun, kamu bisa menyiasati biaya ini, Be-emers. Pusat adopsi dan tempat penampungan sering kali membebaskan biaya adopsi pada waktu-waktu tertentu dalam setahun. Misalnya, The Animal Foundation di Las Vegas membebaskan biaya adopsi untuk acara “Clear the Shelters” pada Agustus lalu.


Kamu mungkin juga bisa memenuhi syarat untuk mendapatkan diskon biaya adopsi jika kamu merupakan seorang veteran, senior, atau berpartisipasi dalam acara BOGO (buy one get one) di mana kamu bisa mendapatkan dua kucing dengan harga satu biaya adopsi.

Jika kamu memutuskan untuk mendapatkan peliharaan dari peternak atau breeder, harga untuk mengadopsinya dapat mencapai ribuan dolar untuk ras tertentu, dan ini mungkin tidak termasuk vaksin dan biaya untuk mensterilkan hewan tersebut.
 

Biaya Vaksinasi, Sterilisasi, dan Medical Check-Up

Dalam memelihara hewan, kamu bertanggung jawab untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin, mengobatinya ketika sakit, memberikan vaksinasi, dan melakukan sterilisasi untuk mencegah timbulnya penyakit organ reproduksi pada hewan peliharaanmu.

Di Jakarta sendiri, biaya dokter memiliki range yang beragam, mulai dari Rp 150 ribu hingga jutaan. Kamu bisa menemukan klinik yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu.
 

Biaya Makanan dan Litter

Makanan dan keperluan litter akan menjadi pengeluaran terbesar setiap tahunnya. Besaran biaya yang dikeluarkan tergantung dari pemilihan jenis dan merek makanan yang diberikan kepada hewan peliharaanmu.

Biasanya, biaya untuk makanan dan kebutuhan litter rata-rata $50 sebulan, yang setara dengan Rp 700 ribu per bulannya, dengan pemilihan makanan yang terbaik.
 

Biaya Mainan dan Grooming

Agar hewan peliharaanmu tetap merasa senang walaupun kamu sedang sibuk, kamu perlu memberikan mereka mainan. Biasanya, biaya yang dibutuhkan untuk membeli mainan tidaklah terlalu besar, bahkan bisa gratis jika kamu hanya menggunakan kardus-kardus atau botol kemasan bekas.

Selain itu, kamu membutuhkan biaya grooming para anak bulu jika kamu tidak punya waktu untuk memandikan mereka sendiri. Umumnya, biaya grooming reguler di Jakarta tak lebih dari Rp 100 ribu per ekornya, termasuk biaya mandi, potong kuku, membersihkan telinga, dan juga gigi.

Nah, itulah biaya-biaya utama yang dibutuhkan ketika kamu ingin memiliki hewan peliharaan, Be-emers!