Ini 3 Startup yang Fokus pada Hewan Peliharaan

3 Startup yang Fokus pada Hewan Peliharaan Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

3 Startup yang Fokus pada Hewan Peliharaan Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Siapa yang sayang hewan peliharaan di rumah? Enggak cuma kamu yang peduli, sejumlah startup ini juga fokus pada hewan peliharaan nih, Be-emers.

Ada berbagai macam sektor dalam dunia startup. Mulai dari sektor keuangan, data, ride hailing, pertanian, hingga hewan peliharaan lho!

Hewan peliharaan menjadi bagian dari kehidupan manusia. Dilansir dari jurnal Origins of the Dog: Domestication and Early History, para arkeolog memprediksi bahwa manusia sudah menjadikan hewan sebagai peliharaan sejak kurang lebih 12.000 tahun lalu.

Sadar akan pentingnya hewan peliharaan dalam kehidupan manusia, ini tiga startup yang fokus pada hewan peliharaan.

Baca Juga: Melirik Peluang Bisnis Hewan Peliharaan, Kenali Dulu Tantangan dan Alternatifnya
 

Petskita

Saat kamu punya hewan peliharaan, tentunya kamu harus siap dengan segala kebutuhannya nih, Be-emers. Mulai dari makanan, vitamin, peralatan mandi, hingga aksesorisnya.


Salah satu platform yang memperhatikan kebutuhan hewan peliharaan kamu yaitu Petskita. Dilansir dari laman resminya, Petskita memang khusus menjual-beli kebutuhan hewan peliharaan seperti makanan dan aksesoris.

Enggak cuma itu, startup yang berbasis di Medan, Sumatera Utara ini juga menyediakan jasa pet clinic, pet hotel, grooming, hingga asuransi hewan. Didirikan oleh Herpeiriati, Taufan Rusli, dan Gunawan Wahab sejak Mei 2020, platform Petskita memiliki tujuan untuk mengembangkan usaha petshop maupun pet supplies di Indonesia.

 

3 Startup yang Fokus pada Hewan Peliharaan Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

3 Startup yang Fokus pada Hewan Peliharaan Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

 

Petloka

Sebagai jebolan startup fintech, Alvin Lim lantas mendirikan sebuah startup yang berfokus pada hewan peliharan, bersama tiga kawannya yakni Andrew Gunawan, Albert Sudartanto  dan James Roberto. Startup tersebut bernama Petloka.

Petloka sendiri merupakan startup yang menyediakan layanan untuk mempermudah kamu memesan jasa grooming dan pet hotel nih, Be-emers. Jadi, nantinya Petloka akan menghubungkan kita dengan lebih dari 200 mitra grooming dan pet hotel terpercaya.

Baca Juga: Biaya Apa Saja yang Dibutuhkan Saat Punya Hewan Peliharaan?
 

PETO Internasional

Kalau tadi ada Petskita dan Petloka dari dalam negeri, ada satu startup khusus hewan peliharaan yang eksis di kancah internasional nih, Be-emers. Startup tersebut adalah PETO.

PETO Internasional juga menyediakan layanan khusus untuk hewan peliharaan berupa grooming, pet sitting, dokter hewan, pet transport, dan menjual berbagai produk kebutuhan hewan peliharaan.

Menariknya, lebih dari itu, PETO Internasional juga menyediakan jasa perjodohan hewan lho, Be-emers! Perjodohan ini bukan sekedar mencari pasangan semata ya, kamu juga bisa mencarikan teman bermain untuk hewan peliharaan kamu nih.

PETO Internasional yang eksis di Indonesia, Malaysia, dan Asia Pasifik ini juga menyediakan layanan lain seperti adopsi hewan peliharaan secara gratis. Selain itu, ada juga layanan asuransi hewan dan artikel menarik seputar hewan peliharaan.

Nah, layanan dari startup mana nih yang cocok untuk kebutuhan kamu dan hewan peliharaan kamu?