Seandainya Uang Beli Mini Cooper untuk Investasi, Kira-kira Bisa Cuan Seberapa Banyak?

Pesapakbola Nurhidayat bersama pacarnya selebgram beauty Sarah Ahmad - Instagram/saraaaahmad

Pesapakbola Nurhidayat bersama pacarnya selebgram beauty Sarah Ahmad - Instagram/saraaaahmad

Like

Warganet pada 6 Juli 2020 dibuat gempar saat pesepak bola Bhayangkara FC sekaligus punggawa Timnas U-23 Nurhidayat Haji Haris memberi hadiah mobil Mini Cooper Cabrio kepada pacarnya Sarah Ahmad Almusaiteer yang merupakan selebgram beauty.

Hadiah yang harganya sekitar Rp800 juta itu diberikan Nurhidayat kepada Sarah Ahmad dalam rangka merayakan 6 bulan jadian hubungan mereka.

Mendapat kejutan teresebut, Sarah Ahmad dalam IG Stories-nya mengaku bahwa pacarnya lebay dan berlebihan. Soalnya, sebenarnya dibelikan bunga sudah senang sekali, tapi sekarang justru dibelikan bunga sekaligus Mini Cooper.

Selain dikenal publik sebagai selebgram beauty, Sarah Ahmad juga merupakan pendiri dari sejumlah brand kecantikan seperti Beauty by Sarah Ahmad, Saslim Official, Saskin Official, dan Pink Beauty Bar.

Ketika ditanya mengenai kelanjutan hubungannya, Nurhidayat menuturkan bahwa proyeksi ke depannya akan membeli rumah sebelum menikah.


Dia pun menjelaskan bahwa uang untuk membeli mobil Mini Cooper Cabrio tersebut berasal dari uang tabungannya. 

"Sekarang cari uang lagi, saya ada bisnis selain pemain bola," demikian kata Nurhidayat kepada awak media pada 8 Juli 2020.

Ramai jadi perbincangan warganet, Sarah Ahmad keberatan bila dibilang matre. Soalnya, dia sudah menggunakan Mini Cooper sejak 2017. Dia pun menegaskan bahwa semua mobil miliknya dibeli dengan hasil jerih payahnya sendiri. 

Soal pemberian Mini Cooper dari sang pacar, Sarah Ahmad punya pembelaannya sendiri.

"Inikan pemberian kan. Kita harus terima dong, harus menghargai pemberian itu," katanya pada 10 Juli 2020.

Dia pun mengakui bahwa mobil pemberian Nurhidayat memang bekas tahun 2019. Meski begitu, baginya yang terpenting adalah dibeli dengan cash, enggak kredit.
 

Nilai Transfer Nurhidayat dan Balada Gaji Pesepak Bola di Tengah Pandemi

Berdasarkan data Transfermarkt yang diakses pada 13 Juli 2020, Nurhidayat berada di posisi ke-161 sebagai pesepak bola berkebangsaan Indonesia dengan nilai transfer pemain tertinggi.

Pada urutan pertama bertengger Stefano Lilipaly dengan nilai transfer 350.000 euro setara Rp5,73 miliar. Sementara nilai transfer Nurhidayat sebesar 125.000 euro atau Rp2,04 miliar.

Asal tahu saja, sebenarnya gaji pemain, pelatih, dan staf klub sepak bola di Indonesia tengah dipangkas karena liga sedang dihentikan dan untuk mencegah meluasnya penularan Covid-19.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada 27 Maret 2020 mengeluarkan surat keputusan yang memperbolehkan sejumlah klub hanya membayar 25% gaji selama bulan Maret, April, Mei, dan Juni 2020.

Nah, keputusan terbaru dari PSSI pada 29 Juni 2020 mempersilahkan klub kontestan Liga 1 membayarkan gaji  sebanyak 50?n Liga 2 sebesar 60% atau sekurang-kurangnya di atas upah minimum regional (UMR) di daerah klub masing-masing.

Terkait aturan terbaru mengenai gaji tersebut, Chief Operationg Officer Bhayangkara FC Sumardji pada 6 Juli 2020 sempat mengaku kebingungan dengan aturan pembayaran gaji pemain sebesar 50% sampai 60%, padahal sponsor belum masuk. 

 

Seandainya Uang untuk Beli Mini Cooper Digunakan Investasi

Dalam video di channel YouTube Sarah Ahmad & Nurhidayat Official, tertulis bahwa harga mobil yang diberikan Nurhidayat kepada Sarah Ahmad seharga Rp1 miliar. Namun, ketika dicari di situs OLX, harga mobil tersebut senilai Rp729 juta.

Jadi, anggap saja kalau dirata-rata mobil tersebut harganya Rp800 juta. Dengan uang sebanyak itu, kira-kira bisa dapakai untuk investasi di mana saja ya?

Pertama, Nurhidayat bisa membelikan 5 saham big caps kepada Sarah Ahamd.

Berdasarkan harga penutupan saham pada 10 Juli 2020, emiten yang bisa dibeli adalah 100 lot BBCA senilai Rp310 juta, 100 lot BBRI senilai Rp31,1 juta, 500 lot TLKM senilai Rp155,5 juta, 317 lot UNVR senilai Rp251,22 juta, dan 100 lot BMRI senilai Rp51,75 juta.

Bayangkan saja kalau 5 saham big caps tersebut dikoleksi sebelum pembagian dividen. Dari BBCA bisa mendapa t Rp4,55 juta, dan BBRI Rp1,68 juta.

Sementara dari TLKM bisa mendapatkan Rp7,7 juta, BMRI Rp3,53 juta, tapi UNVR masih perlu menunggu hingga akhir Juli 2020. Sehingga, total cuan dari pembagian dividen saham Big Caps sebesar Rp17,41 juta.

Selain mengoleksi saham, uang beli Mini Cooper juga bisa dicoba untuk beli emas. Kalau beli per 11 Juli 2020, bisa dapat 903 gram emas di harga Rp799 juta. 

Kemudian, Obligasi Negara Ritel seri ke-17 (ORI017) pun bisa jadi pilihan. Dengan imbal hasil 6,4% per tahun dan tenor 3 tahun, cuan bersih sudah termasuk pajak yang bisa didapatkan per bulan adalah Rp3,62 juta. Sehingga, total cuan bersih hingga jatuh tempo Rp130,32 juta.

Apabila tidak ingin mengambil risiko yang besar, uang tersebut bisa ditaruh di deposito bank. Dengan rata-rata bunga deposito 4,75% per tahun, cuan bersih sudah termasuk pajak yang bisa didapatkan sebanyak Rp30,4 juta per tahun. 

Lumayan bukan? Kalau Be-emers punya uang Rp800 juta, kira-kira ingin digunakan untuk berinvestasi di mana saja nih?