Pabrik Apple Bakal Pindah ke India, Imbas Protes Cina?

Foxconn Cina. (Foto: Wikimedia)

Foxconn Cina. (Foto: Wikimedia)

Like

Protes besar-besaran yang dilakukan masyarakat Cina berdampak ke perusahaan gadget, Apple. Demi keberlangsungan bisnisnya, Apple berniat memindahkan pabriknya. 

Masyarakat Cina melakukan protes besar-besaran karena kebijakan lockdown yang sangat ketat di Cina. Serangkaian aksi telah dilaksanakan sebagai bentuk protes masyarakat yang merasa kebebasannya terlalu dikekang. 

Di Cina, satu kasus Covid-19 yang ditemukan bisa membuat satu wilayah lockdown. Pengetatan lockdown sempat menghambat proses evakuasi dan penyelamatan diri pada saat terjadi kebakaran di Cina. 

Salah satu pabrik Apple yang berada di Cina, Foxconn, ikut terdampak. Setelah ditemukan kasus Covid-19 pabrik Foxconn dilockdown.

Karyawannya pun memilih pergi dari pabrik untuk menghindari lockdown yang ketat. Protes besar di Cina juga membuat keadaan semakin buruk sehingga pabrik Foxconn tidak dapat beroperasi.


Tentunya ini menurunkan produksi Apple, padahal permintaan terhadap produk Apple sedang tinggi karena baru meluncurkan seri iPhone 14. 

Nampaknya Apple berencana untuk memindahkan pabriknya untuk menyiasati kekurangan produksi ini.

Baca Juga: Cina Lockdown, Siap-Siap Distribusi iPhone 14 Terganggu
 

Apple Pindahkan Pabriknya ke India


Dilansir dari 9to5Mac, Apple sedang menjajaki untuk memindahkan beberapa produksi iPad ke India. Apple dilaporkan sedang berdiskusi dengan pejabat tentang produksi iPad di India, meskipun belum ada rencana konkret yang dibuat.

Apple memang sudah merakit model iPhone tertentu di India, termasuk iPhone 14 terbaru dan beberapa model lama yang masih dijualnya. Pabrik Cina utamanya merakit iPad. 

India sedang menjajaki opsi untuk membawa beberapa produksi iPad Apple ke negara itu dari Cina, menurut dua sumber yang dekat dengan pemerintah India.

Raksasa teknologi itu dikatakan sedang mengadakan diskusi berkelanjutan dengan para pejabat. Tidak ada rencana konkret yang dibuat, tetapi jika berhasil, itu akan memperluas jejak Apple di negara tersebut.

Baca Juga: Pabrik Perakitan Apple di China Ditutup Paksa, Pekerja Keluar Melompati Pagar

Namun, sumber mengingatkan bahwa kurangnya bakat yang sangat terampil dan individu dengan keahlian dalam membangun perangkat yang sangat kompleks seperti iPad dapat memperlambat rencana ini di India. 

Latar belakang kebijakan luar negeri juga tidak membantu, dengan ketegangan yang meningkat antara India dan Cina. 

Kedua negara telah berselisih dalam beberapa tahun terakhir atas sengketa wilayah yang mengakibatkan meningkatnya kehadiran militer di perbatasan India-Cina.

Memperluas produksi iPad tambahan di luar China akan menjadi langkah besar dalam peta jalan Apple untuk secara dramatis mengurangi ketergantungannya pada negara tersebut.

Baca Juga: Konektivitas Satelit jadi Fitur Terbaru Apple di Iphone 14, untuk Apa?

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.