Manfaat Rutin Olahraga Ternyata Bikin Mood Stabil, Kok Bisa?

Manfaat Rutin Olahraga. (Ilustrasi: Canva)

Manfaat Rutin Olahraga. (Ilustrasi: Canva)

Like

Hello Be-Emers! Kalian tentu saja pernah merasakan ketika moodmu sedang ada di fase yang kurang baik kan? Yap, badmood, yang sering kita artikan sebagai kondisi di mana suasana hati maupun pikiran kita sedang buruk.

Badmood nyatanya tak jarang hadir sebagai pengganggu pekerjaan, hubungan sosial, dan segala aktivitas yang sedang kita jalankan lho.

Suasana hati yang buruk umumnya mengakibatkan seseorang menjadi uring-uringan, mudah marah, dan juga sedih tiba-tiba.

Apabila kita tidak dapat mengontrolnya, maka hal ini tentu saja akan menghambat keseharian kita.

Nah, berdasarkan penelitian National Institutes of Health (NIH), ternyata ada beberapa cara nih yang terbukti dapat meminimalisir munculnya suasana hati yang buruk (badmood), yang mana salah satunya adalah olahraga.


Aktivitas olahraga yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan suasana hati yang baik dan bahkan dapat mengurangi tingkat stres seseorang.

Kalian dapat memilih jenis olahraga apapun yang kalian sukai, seperti renang, lari, angkat beban, yoga, pilates, boxing, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ingin Bentuk Tubuh Jadi Indah? Ikuti 4 Gerakan Olahraga Ini!
 

Lalu, Mengapa Olahraga Secara Rutin dapat Menjaga Suasana Hati Kita Menjadi Lebih Stabil?    


Sejatinya, olahraga merupakan sebuah aktivitas yang telah menjadi kebutuhan utama bagi kita semua. Dengan berolahraga, kesehatan mental dan fisik kita dapat lebih terjaga, termasuk juga kestabilan suasana hati atau mood.

Nah berikut adalah beberapa alasan yang membuat olahraga dapat berpengaruh terhadap kestabilan suasana hati kita. Simak sampai selesai ya, Be-Emers.  
 

1.  Olahraga Merangsang Pelepasan Hormon yang Menyebabkan Munculnya Rasa Gembira


Saat sedang melakukan aktivitas olahraga, tubuh kita akan melepaskan beberapa macam hormon, yang disebut sebagai hormon endorfin dan hormon serotonin. Hormon ini adalah hormon yang menimbulkan seseorang merasa lebih semangat dan bahagia.

Maka dari itu, pada umumnya seseorang merasakan perubahan suasana hati atau mood ketika atau setelah berolahraga.

Apabila dilakukan secara rutin, efek dari olahraga, seperti perasaan bahagia ini tentu saja juga dapat muncul secara lebih sering sehingga suasana hati kalian akan lebih stabil dan terjaga dengan konstan dalam jangka panjang.
 

2. Olahraga Membuat Tubuh Menjadi Lebih Fit dan Bugar


Dengan berolahraga secara rutin tentu saja kita akan memperoleh tubuh yang lebih fit dan bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Tubuh yang fit dan bugar ini ternyata juga akan berpengaruh baik loh terhadap kualitas mood kita, Be-Emers.

Bayangkan saja apabila dalam menjalankan suatu kegiatan tubuh kita mudah dihantui rasa lelah, lesu, dan tidak bersemangat pasti suasana hati kita pun akan turut terdampak menjadi kurang baik. Itulah mengapa kondisi fisik yang baik sangat berkaitan dengan mood yang baik pula.
 

3. Olahraga Membentuk Pikiran yang Positif


Di samping menciptakan badan yang lebih fit dan bugar, olahraga nyatanya juga terbukti berperan dalam pembentukan pikiran yang lebih positif loh Be-Emers. Seperti yang kita tau, sejatinya pikiran adalah hal yang sangat penting dalam mendasari setiap aktivitas kita sehari-hari.

Setiap hal yang baik tentu saja juga datang dari pikiran yang positif pula. Dengan pikiran yang positif, kita cenderung dapat mengontrol setiap situasi yang kita hadapi.

Selain itu, kita pun dapat memilah hal-hal mana saja yang sebaiknya kita pikirkan. Maka dari itulah dengan olahraga yang dapat membentuk pikiran positif, kita juga sekaligus dapat memperoleh manfaat lain yang tak kalah menguntungkannya, yaitu kestabilan suasana hati yang lebih terjaga.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Jantung, Berikut Olahraga yang Bisa Kamu Coba

Nah, itulah beberapa alasan mengapa olahraga secara rutin dapat membuat mood kalian menjadi lebih stabil. Ternyata banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari berolahraga ya Be-emers.

Jadi, jangan lupa untuk turut memasukan olahraga sebagai kebutuhan dan kebiasaan kalian yaa.      

Editor: Rachma Amalia

Punya opini untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.