Apa Itu ChatGPT? AI yang Katanya Lebih dari Google

ChatGPT Artificial Intelligence. (Ilustrasi: Canva)

ChatGPT Artificial Intelligence. (Ilustrasi: Canva)

Like

Dunia teknologi kedatangan pemain baru yang katanya lebih pintar dari Google bernama ChatGPT. Apa itu ChatGPT, kenapa bisa lebih pintar dari Google?

Banyak chatbot atau Artificial Intelligence (AI) yang bisa dipakai secara luas. Contoh yang paling terkenal adalah Google dan Siri. 

Siri hanya bisa digunakan oleh pengguna iOS atau Apple sedangkan Google bisa digunakan oleh siapa saja. 

Selama ini masyarakat mengandalkan chatbot atau AI tersebut untuk mencari tahu banyak hal, bahkan ada juga yang menggunakannya untuk membantu mengoperasikan beberapa hal di handphone.

Misalnya menggunakan Siri untuk memutar lagu, atau menggunakan Google untuk menyetel alarm di jam-jam tertentu. 


Meski sudah secanggih itu, ada beberapa hal yang masih belum bisa dilakukan oleh chatbot atau AI. Ketika pengguna mengajukan pertanyaan yang sulit, chatbot atau AI akan menjawab dengan “saya tidak mengerti” atau kata-kata lain yang mengindikasikan tidak tahu.

Namun, baru-baru ini muncul pendatang baru dalan chatbot atau AI yang dikatakan lebih pintar dari Google. Chatbot tersebut bernama ChatGPT.

Baca Juga: Artificial Intelligence Bisa Bikin Konten Jadi Lebih Efektif
 

Apa Itu ChatGPT?


ChatGPT rilis pada 30 November 2022 namun baru viral kurang lebih dalam 5 hari ini karena perbincangan di Twitter. 

Peluncuran ChatGPT mendapat respon yang cukup baik, dalam seminggu tercatat ada lebih dari satu juta pengguna yang menjajal chatbot tersebut menurut salah satu pendirinya, Sam Altman.

ChatGPT adalah aplikasi yang dibuat oleh perusahaan bernama OpenAI yang berfokus pada pengembangan Artificial Intelligence. 

ChatGPT ini berbasis software dan dirancang untuk menghasilkan respons seperti manusia terhadap berbagai input dengan menggunakan algoritma. 

Menurut Global News, user dapat meminta ChatGPT untuk menulis esai, puisi atau naskah, atau bahkan menerjemahkan atau meringkas teks. Tidak hanya itu, ChatGPT juga dapat menjawab pertanyaan tentang berbagai topik atau memecahkan masalah coding.

Selain itu, ia mengingat teks sebelumnya sehingga user dapat mengajukan pertanyaan lanjutan dengan cara percakapan.

Fitur inilah yang tidak bisa dilakukan oleh chatbot sebelumnya seperti Google dan Siri, sehingga banyak yang mengatakan bahwa ChatGPT lebih dari Google yang selama ini diagungkan orang-orang. 

Dengan segudang pengetahuannya, ChatGPT dapat menjadi apa saja yang diinginkan user. Ia dapat berperan sebagai koki dan menyediakan resep, membuat rencana bisnis untuk marketer, membuat press release untuk public relations specialist, atau memberikan saran seperti terapis.

Baca Juga: Mendominasi Berbagai Sektor Bisnis, Perlukah Bisnis Kamu Pakai Artificial Intelligence (AI)?
 

Mencoba ChatGPT


Setelah diluncurkan, banyak orang yang penasaran dan mencoba ChatGPT ini. Untuk menggunakan ChatGPT bisa melalui website resminya.

Kamu bisa mengunjungi situs https://chat.openai.com di PC/laptop atau smartphone kemudian login atau daftar. Setelah itu tinggal ajukan pertanyaan atau perintah melalui kolom yang disediakan. 

Menariknya, ketika orang-orang mencoba ChatGPT mereka menemukan jawaban-jawaban yang di luar dugaan.

Contohnya Seorang fisikawan kuantum, penulis sains, dan peneliti dalam pemrograman komputer, Michael Aaron Nielsen. Ia membagikan pengalaman mencoba ChatGPT dalam akun Twitternya.

Ini yang ia tulis dan dikutip oleh Martech Series:

Chatbot baru OpenAI luar biasa. Ia berhalusinasi beberapa hal yang sangat menarik. Misalnya, ia memberi tahu saya tentang sebuah buku yang kedengaran sangat menarik dan kemudian saya tanyakan,” tulisnya 

“ChatGPT menjawab sayangnya, baik Amazon, Google Scholar, maupun Google Books tidak menganggap buku itu nyata. Mungkin seharusnya begitu!” lanjutnya.

Beberapa pengguna lain yang melakukan uji coba juga terkesan karena ChatGPT bisa membuat esai sesuai dengan arahan user di kolom yang telah disediakan.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.