Jadi Beragam, Apa Arti Warna Centang Twitter?

Centang Twitter Elon Musk. (Foto: Twitter Elon Musk)

Centang Twitter Elon Musk. (Foto: Twitter Elon Musk)

Like

Diakuisisi Elon Musk membuat ada banyak perubahan yang terjadi di Twitter. Salah satunya terkait dengan centang atau verifikasi yang jadi bervariasi. Apa arti warna centang Twitter?

Di bulan November Elon Musk secara resmi mengakuisisi Twitter dengan nilai US$44 miliar. Setelah menjabat sebagai CEO Twitter, Elon Musk banyak melakukan perubahan pada media sosial tersebut.

Tidak sedikit yang memprotes keadaan Twitter di bawah kepemimpinan Elon Musk. Perombakan ekstrem dilakukan salah satunya dengan layoff setengah karyawan Twitter.

Tidak hanya itu, Elon Musk juga membuat kebijakan mengenai identitas akun dengan membedakan centang yang selama ini menjadi penanda terverifikasinya akun tersebut. 

Adanya centang ini membuat suatu akun bisa dipercaya dan sebagai antisipasi dari penipuan dengan membuat akun-akun yang menyerupai akun resmi suatu institusi. 


Tadinya hanya ada satu penanda yaitu centang biru untuk semua akun yang ada di Twitter. Untuk mendapatkan centang biru, akun tersebut harus memenuhi beberapa kriteria dan mengajukan ke Twitter.

Kemudian Twitter akan menilai dan memutuskan apakah akun tersebut layak untuk mendapatkan centang biru atau tidak.

Sistem seperti ini membuat orang berlomba-lomba mendapatkan centang biru dari Twitter karena itu berarti mereka merupakan orang-orang terkenal.

Kini sistem tersebut telah berganti semenjak kepemimpinan Elon Musk. Tidak hanya satu centang, Twitter kini memiliki tiga centang dengan berbeda warna.

Baca Juga: Problematik, Pengguna Twitter Pindah ke Medsos Baru Mastodon
 

Apa Arti Warna Centang Twitter?


Ada tiga warna centang Twitter, centang biru, centang emas, dan centang abu-abu. Ketiga warna tersebut memiliki artinya sendiri-sendiri. 
 

1. Centang Biru


Centang biru masih digunakan pada sistem penanda akun Twitter saat ini. Tidak jauh berbeda pada centang biru yang kemarin, centang biru sekarang masih digunakan untuk menandakan akun Twitter orang-orang terkenal.

Aktor, aktris, penyanyi, bahkan influencer adalah orang-orang yang bisa mendapat centang dengan warna biru ini. Centang biru akan langsung tersemat di sebelah nama atau username mereka. 
 

2. Centang Emas


Ini adalah penanda terbaru yang belum pernah ada di Twitter sebelumnya. Centang emas memiliki fungsi yang sama seperti centang biru, yang membedakan hanyalah akun yang mendapatkannya. 

Centang emas bisa dimiliki oleh akun-akun berbasis bisnis. Termasuk juga akun yang berfokus pada portal berita atau media. 
 

3. Centang Abu-Abu


Terakhir ada centang abu-abu, ini juga merupakan centang yang baru ada di Twitter. Kurang lebih memiliki fungsi yang sama dengan centang biru dan centang emas.

Akun yang bisa mendapatkan centang abu-abu adalah akun milik pemerintahan atau yang berbasis politik misalnya partai politik. 

Kamu bisa dapat centang warna apa nih, Be-Emers?

Baca Juga: Segera Launching, Apa Keunggulan Twitter Premium?

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.