Kenapa Selalu Ada Cermin di Dalam Lift, Apa Buat Ngaca Doang?

Cermin dalam Lift. (ilustrasi: Canva)

Cermin dalam Lift. (ilustrasi: Canva)

Like

Sadar enggak sadar ketika kita naik lift ada satu elemen yang pasti ada di dalamnya selain tombol, yaitu cermin. Kenapa ya selalu ada cermin di dalam lift?

Be-Emers, kalian suka memperhatikan keadaan lift enggak? Kalau kalian jeli ada satu elemen yang pasti ada di dalam lift walaupun kecil.

Bukan tombol untuk menuju ke lantai yang diinginkan, tapi cermin. Sekecil apapun pasti ada cermin di dalam lift.

Terkadang kita tidak sadar dan menganggap itu hanya bagian dari hiasan atau desain interior. Padahal penempatan cermin di dalam lift memiliki maksud tersendiri. 
 

Kenapa Selalu Ada Cermin dalam Lift?


Dilansir dari Bisnis.com, penempatan cermin di dalam lift bukan tanpa alasan. Berikut adalah beberapa hal yang membuat adanya cermin di dalam lift.
 

1. Bantuan Penderita Claustrophobia 



Lift adalah ruangan kecil dan sempit. Orang di dalamnya tidak dapat bergerak bebas selama beberapa saat, apalagi jika lift ramai. Banyak juga orang yang merasa sesak di dalam lift karena oksigen di dalamnya terbatas.

Bagi penderita claustrophobia ini sangat berbahaya. Maka dari itu disediakan cermin untuk membantu orang meredakan kecemasan karena akan ada ilusi lebih banyak ruang yang tersedia. 

Baca Juga: Generasi Strawberry, Istilah Baru Anak Muda Kreatif tapi Rapuh
 

2. Distraksi


Ruang terbatas di dalam lift membuat orang mudah bosan, apalagi jika lift menuju lantai tinggi yang membutuhkan waktu tempuh lebih lama. Kehadiran cermin di dalam lift dapat membantu kondisi ini.

Cermin dapat menjadi distraksi ketika berada di dalam lift. Dengan adanya cermin orang bisa melihat penampilannya sendiri dan menghabiskan waktu di dalam lift dengan merapikan diri.
 

3. Keamanan Tambahan


Selain membantu orang-orang yang mengidap claustrophobia, cermin juga bisa menjadi keamanan tambahan karena memungkinkan untuk melihat apa yang dilakukan orang lain di dalam lift. 

Dengan kata lain cermin dapat mencegah pencurian, sentuhan yang tidak diinginkan, dan tindakan jahat lainnya. Dengan terlihat orang bisa segera mengambil tindakan atau reflek yang cepat, misalnya memencet tombol darurat.

Nah, sekarang sudah enggak penasaran lagi kan Be-Emers kenapa ada cermin di dalam lift?

Baca Juga: Lebih Jahat dari Ghosting, Ini Arti Curving dan Ciri-Cirinya!

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.