Biografi Jeff Bezos. Si Keras Kepala, Pekerja Keras tapi Fleksibel?

Biografi Jeff Bezos, (Foto: flickr.com)

Biografi Jeff Bezos, (Foto: flickr.com)

Like

Jeffrey Preston Bezos dikenal dengan Jeff Bezos adalah pendiri Amazon.com. E-commerce terkaya dengan penghasilan dan keuntungan terbanyak hingga saat ini. 

Dikaruniai bakat dan kepintaran sejak masa kecilnya tidak membuatnya bersikap angkuh. Ia justru selalu menyibukkan diri untuk mempelajari dan menemukan sesuatu yang baru. 

Jeff Bezos semasa kecilnya sudah menunjukkan keahliannya dalam bidang mekanik. Ini membuatnya banyak menerima prestasi sejak SMA. Ia menerima Silver Knight di tahun 1982. Ini adalah satu ajang penghargaan untuk mengakui prestasi siswa di Florida Selatan.

Saat menjalani dunia perkuliahan, ia pernah berganti haluan atau jurusan dari ilmu fisika menjadi ilmu komputer. Di sinilah, Bezos merasa sangat bahagia dan menekuni bidangnya. Apakah Bezos sukses membangun Amazon.com karena ia pintar? Tidak sepenuhnya nih, yuk simak ini biografi Jeff Bezos!
 

Berani Ambil Resiko 

Sekalipun sudah menjadi Senior Vice president dalam salah satu perusahaan finansial yang bernama DE Shaw Company. Ia tetap bersikeras untuk keluar dan mendirikan Amazon. 

Bezos percaya jika ia tidak memulai menginvestasikan dirinya dalam internet, ia akan menyesal suatu hari. Ini dia yang menyebabkan Bezos nekad mendirikan Amazon.com yang awalnya hanya sebuah toko buku online di tahun 1995.


Tidak sembarangan memilih, lho! Bezos memperhitungkan segala hal secara detail termasuk saat memilih menjual buku melalui situs daring. Menurutnya hal ini akan menjadi investasi terbesar, dikarenakanan semua orang di dunia selalu membutuhkan buku sebagai sumber pendidikan. 

Perlahan namun pasti, meskipun membangun Amazon.com yang awalnya hanya sebuah toko buku online. Saat ini Amazon sudah memiliki ratusan gudang dan kantor kontroversial  yang mengedepankan sistem teknologi. Dilansir melalui Bisnis.com Amazon menerapkan business assistance dengan virtual augmentasi untuk social distancing selama pandemi.
 

Peniru yang Handal

Sempat disebut peniru oleh Elon Musk melalui twitternya. Jeff Bezos tidak pernah menghiraukan hal itu. Menurutnya, itulah proses ia dan tim belajar, mengolah, bahkan menjadikannya acuan untuk lebih baik lagi. Target dan fokus Amazon.com adalah konsumen.

Saat ini jumlah kekayaan Bezos 188,2 miliar USD. Kerja kerasnya membuat ia menjadi orang terkaya di dunia ini berkat keputusan yang diambilnya. Bezos tidak hanya memiliki Amazon, ia juga memiliki perusahan Blue origin dan Washington post serta beragam investasi lainnya.
                                                                              
Bezos sangat keras kepala dan tidak mudah menyerah. Namun, ia percaya saat menjadi fleksibel ini akan memudahkannya untuk menemukan solusi yang tepat. 

Inilah alasan mengapa ia memiliki Blue Origin, Commercial space travel yang ia dirikan. Di lansir melalui BBC, tahun 2017 ia bahkan menjual 13,3 triliun saham Amazon untuk mengembangkan Blue Origin. Bezos adalah seorang yang visioner.
 

Kekuatan Riset 

Selalu berani ambil resiko, menurut Bezos untuk meminimalisir penyesalan maka milikilah perencanaan dan lakukan riset. 

Meskipun ia terkenal dengan risk taker, ia selalu memperhitungkan keputusan yang diambilnya. Menurutnya, lebih baik gagal mencoba setelah memperhitungkan dibanding tidak sama sekali mencoba. 

Nah, ini dia sobat muda hal-hal positif yang bisa kamu contoh dari miliarder dunia nomor satu saat ini. Jeff Bezos dengan keberanian dan kegagahannya. 

Belajar dari Bezos, meskipun sedang pandemi corona, jangan ragu untuk tetap mencoba mengembangkan bisnis mu! Lakukan apa yang kamu senangi. Nah, yuk simak ini inspirasi bisnis Cloud kitchen yang sedang menjadi bisnis hits saat ini, lho!