Kreativitas saat Pandemi Berbuah Rezeki dengan Bisnis Kuliner Ini

Desert Lezat

Desert Lezat

Dampak pandemi Covid-19 begitu dirasakan oleh masyarakat Indonesia, salah satunya di bidang ekonomi. Namun, banyak juga yang berhasil memanfaatkan peluang saat pandemi, salah satunya adalah berbisnis kuliner. Kreativitas di tengah pandemi bisa berbuah rezeki dengan bisnis kuliner seperti membuat aneka dessert atau appetizer.

Meski banyak sekali kreativitas yang bisa dilakukan saat pandemi dan jadi ide bisnis yang menarik, saya dan suami memilih bisnis kuliner karena bisnis yang satu ini memang enggak ada matinya. 

Memanfaatkan peluang saat pandemi memang jadi solusi untuk menambah penghasilan tambahan buat keluarga.
 

Ada beberapa cara mengoptimalkan bisnis kuliner ini agar laris manis, diantaranya:
 

1. Produk yang dijual berkualitas, unik, dan menarik minat customer

Tentukan dulu produk yang mau dijual. Pastikan makanan yang dipilih dibuat dari bahan pilihan yang berkualitas, unik, dan menarik minat customer.

 

2. Mengadakan promo di aplikasi jualan online

Menjadi mitra aplikasi jualan online memang memudahkan untuk promosi. Sistem sudah ada tinggal pasang menu makanan dan beri foto produk yang kualitasnya oke.

 

3. Endorsement oleh selebgram atau influencer

Memperkenalkan produk jualan bisa dengan menggandeng selebgram atau influencer untuk endorse produk jualan. Siap-siap aja buat bisnisnya laris dengan banyaknya orderan.

 

4. Aktif promosi di sosial media

Sosial media punya pengaruh yang cukup besar juga terhadap promosi bisnis. Sebaiknya promosi dengan soft selling agar menarik minat pembeli. Tentukan juga target market buat produk andalanmu.

 

5. Melakukan inovasi terhadap bisnis

Inovasi terhadap bisnis perlu dilakukan agar menarik minat pembeli. Bisa dengan melakukan inovasi menu baru, foto pendukung produk yang lebih oke, mengadakan promo atau giveaway juga bisa dilakukan beberapa kali.

 

6.  Fast respon dan bersikap ramah

Biasanya pembeli suka tipe penjualnya yang fast respon dan ramah.
Sebagai penjual, attitude perlu diperhatikan juga, baik terhadap customer atau pengantar makanan online. Berikan kesan yang baik sebagai penjual agar mendapatkan respon yang baik pula.

Stay at home membuat kreativitas meningkat dan ini bisa dijadikan ide bisnis, loh. Meski di tengah pandemi sekali pun, bisnis kuliner tetap diminati. Saat lagi diam di rumah bikin pengen ngemil terus. Akhirnya buka aplikasi online buat cari camilan.

Terkadang jadi berpikir, kenapa enggak bikin sendiri aja, ya? Tinggal bermodal kreativitas, sekalian cari peluang bisnis kuliner sendiri. Berhubung saya suka ngemil, jadinya dibuatlah dessert dan appetizer buat keluarga.

Sekarang mau cari resep masakan apa aja, mudah banget mencari resep di Google dan YouTube. Banyak banget tutorial dan resep di sana.

Nah, akhirnya saya dan suami coba membuat dessert serta appetizer sendiri. Pertama kali bikin memang buat konsumsi keluarga, kadang kasih ke orang tua dan juga saudara. Setelah rasanya cukup oke, maka mulailah berani untuk promosi dan membuka orderan.
 

Inilah ide bisnis kuliner dengan aneka dessert dan appetizer yang unik dan menarik minat pembeli.

 

1. Aneka Mini Cake (Cheesecake, Chococake, Tiramisu)

 

Aneka mini cake

Aneka mini cake


Melihat beragam mini cake di toko kue, membuat saya dan suami berkreativitas sendiri membuat mini cake berbagai rasa seperti Cheesecake, Chococake, dan Tiramisu.

Dessert jenis ini tampak unik dan rasanya yang lezat membuat banyak orang tertarik dan banjir orderan.

 

2. Donat

 

Donat aneka rasa

Donat aneka rasa


Donat atau salah satu dessert ini begitu disukai banyak orang. Memang pembuatannya ada beberapa proses yang perlu dilalui. Pemilihan bahan yang berkualitas, aneka pilihan rasa juga penyajian yang oke bisa menjadikan banyak pesanan buat bisnis kamu.

 

3. Zupa-zupa

 

Zupa-zupa

Zupa-zupa


Zupa-zupa jadi salah satu makanan favorit saya. Berhubung lagi pandemi jadi  belum nemu yang jualan ini. Saya memilih membuat sendiri zupa-zupa.

Sup krim yang dipilih adalah sup krim ayam. Setelah posting di media sosial memang banyak yang membeli zupa-zupa ini. Kreativitas saat pandemi memang bisa berbuah rezeki.

 

4. Lasagna dan makaroni panggang

 

Lasagna dan makaroni panggang

Lasagna dan makaroni panggang


Sebagai appetizer atau makanan penutup, ternyata lasagna ini pun banyak peminatnya. Berjualan lasagna bisa jadi ide bagus buat Kamu yang ingin menulai bisnis kuliner, loh.

Makaroni panggang sebagai salah satu appetizer ini bisa kamu coba sebagai ide bisnis kuliner yang unik dan menarik buat dijual.

Berbagai jenis makanan di atas memang menarik minat pembeli dan banyaknya orderan bikin bisnis makin laris.

Kreativitas saat pandemi berbuah rezeki dengan aneka dessert dan appetizer ini bisa menjadi peluang baru di bidang kuliner. Bagaimana dengan Kamu, diantara kelima jenis makanan di atas, mana yang membuatmu tertarik untuk membeli atau bahkan membuatnya sendiri?



 
Salam,

 
Lia Yuliani