Dapat Warisan? Jangan Bingung! Yuk, Kelola Biar Enggak Gampang Habis

Bisnis Muda
Like

Kalau kata Kamus Besar Bahasa Indonesia, warisan berarti sesuatu yang diwariskan atau ditinggalkan kayak harta, nama baik, benda pusaka, dan sebagainya. Diwarisi ilmu memang berharga, tapi gimana kalau diwarisi harta dan takhta? Ya mau lah!

Biasanya nih, kalau lagi ketimpa rezeki, bawaannya pasti mau hedon. Padahal, harta yang diwariskan ke kita itu sebenarnya bisa dimanfaatkan buat memperbaiki kondisi keuangan kita kedepannya lho. Daripada Be-emers bingung, yuk kelola warisannya biar enggak gampang habis.

Investasikan
Selain ditabung, hal yang paling aman buat menyelamatkan harta waris adalah dengan cara diinvestasikan. Dengan begitu, kamu bisa jadi punya cadangan cuan di masa depan.

“Gunakan (harta warisan) untuk membeli properti, emas, reksadana, saham, deposito, dan lain-lain,” kata perencana keuangan Zelts Consulting Ahmad Gozali, dikutip dari Bisnis.com.

Nah, enggak cuma itu. Misalnya kamu memilih investasi emas, kamu juga bisa langsung mewariskannya suatu saat nanti. Yah walaupun kesannya masih lama banget, tapi enggak ada salahnya juga lho buat mulai merencanakan warisan dari sekarang.


Apalagi buat yang sudah punya keluarga kecil, kalau kata Tejasari, perencana keuangan dari Tatadana Consulting yang dilansir dari Bisnis.com, dengan mempersiapkan warisan sedini mungkin, bisa mengurangi kekhawatiran terhadap segala kondisi yang akan terjadi.

Jadikan Modal Usaha
Bikin usaha dengan modal dari harta waris, kenapa enggak?

Kalau sudah punya cukup pengetahuan, kreativitas, dan berani berwirausaha, kamu bisa memanfaatkan harta warisan tadi buat jadi modal usaha. Namun, sebaiknya dipikirkan juga ya secara matang sebelum memulai usaha, biar modal dari warisan itu enggak jadi sia-sia nantinya.

Misal harta yang diwarisi berupa tanah, Be-emers bisa menyewakan lahan tersebut kepada pihak lain. Nah, tapi jangan lupa buat menyiapkan status hukum yang jelas kayak sertifikat tanah hibah atau yang sudah dibalik nama, kontrak resmi, dan sebagainya biar aman.

Memang sih, kadang ada rasa enggak enak hati karena merasa warisan adalah sesuatu yang mesti dijaga. Di sisi lain, mengamankan warisan bukan cuma masalah jaga amanah, tapi bagaimana kita bisa mengelola amanah itu dengan bijak plus bisa dapat cuan.