10 Negara yang Warganya Banyak Jadi Miliarder! Sejahtera Dong?

Miliarder. (Ilustrasi: Canva)

Miliarder. (Ilustrasi: Canva)

Like

Negara-negara berikut memiliki warga negara yang jadi miliarder dengan jumlah paling banyak di antara negara-negara lain. Negara mana saja yang jumlah miliardernya terbanyak?

Di dunia ini ada negara maju dan berkembang. Masing-masing negara memiliki stereotipnya sendiri. Negara maju diidentikan dengan warganya yang pasti sejahtera.

Sedangkan negara berkembang diidentikan dengan banyak warganya yang masih diancam kemiskinan. Pola pikir warganya juga menjadi pembeda antara dua negara ini.

Pola pikir warga negara maju dianggap lebih modern sedangkan warga negara berkembang dianggap masih memiliki pola pikir terbelakang. 

Menurut Be-emers apakah stereotip yang melekat di negara maju dan berkembang tersebut benar adanya?


Ternyata, di negara-negara berkembang juga banyak warganya yang memiliki kekayaan fantastis dan jumlahnya enggak sedikit, lho.
 

Negara yang Warganya Banyak Jadi Miliarder


Telah dirangkum oleh Insider Monkey, berikut adalah negara yang punya banyak miliarder. Ada negara berkembang juga lho!
 

Baca Juga: Ini Pekerjaan 10 Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes!
 

1. Amerika Serikat


Enggak heran AS jadi negara pertama yang punya miliarder paling banyak di dunia. Ada 735 miliarder yang tercatat jadi warga negara AS. 

New York City sendiri menjadi rumah bagi 138 miliarder. Kekayaan kolektif miliarder AS mencapai $4,5 triliun pada tahun 2022.
 

2. China


China memiliki total 539 miliarder pada 2022 dan menjadikannya salah satu negara terkaya dengan miliarder terbanyak. Miliarder China memiliki kekayaan bersih kolektif sebesar US$1,45 triliun.

Dua miliarder teknologi teratas negara ini termasuk Ma Huateng pemimpin Tencent dan Jack Ma pendiri Alibaba Group.
 

3. India


Ini negara berkembang yang miliardernya paling banyak ketiga di dunia. PDB per kapitanya terendah di dunia tetapi merupakan salah satu negara terkaya di dunia dengan miliarder terbanyak. 

Ada 166 miliarder, dengan 100 miliarder teratas India memiliki kekayaan bersih kolektif sebesar US$660 miliar, jauh melampaui gabungan PDB negara-negara seperti Qatar, Luksemburg, dan Monako.
 

4. Jerman


Jerman adalah negara ekonomi terkaya di Eropa, dengan PDB sebesar US$4,26 triliun pada tahun 2021. Jumlah miliarder di negara tersebut berjumlah 134 orang pada tahun 2022. Jerman juga memiliki salah satu PDB per kapita tertinggi di dunia.
 

5. Rusia


Rusia memiliki 83 miliarder pada 2022. Meski turun dari 2021, kekayaan bersih kolektifnya lebih dari US$400 miliar. Miliarder Rusia terutama terlibat dalam sektor energi, pertambangan, dan real estate.

Baca Juga: Daftar 50 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes
 

6. Hongkong


Ada 67 miliarder pada tahun 2022 di Hongkong dengan Li Ka-shing sebagai yang terkaya, dengan kekayaan bersih sebesar US$36 miliar. Hong Kong memiliki PDB sebesar US$370 miliar pada tahun 2022. 

Jumlah miliarder yang besar dibandingkan dengan PDB kecilnya berkaitan dengan fakta bahwa Hong Kong dianggap sebagai salah satu dari tiga pusat keuangan utama di dunia.
 

7. Kanada


Kanada memiliki PDB sebesar US$2 triliun, dengan jumlah miliarder di negara tersebut berjumlah 64 orang pada tahun 2022. 

Salah satu miliarder paling menonjol di negara ini adalah orang Kanada keturunan Tionghoa, Changpeng Zhao, CEO Binance, bursa kripto terbesar di Dunia.
 

8. Brazil


Ekonomi Brasil terbesar di Amerika Latin, dengan PDB 2021 sebesar US$1,6 triliun. Negara ini memiliki 62 miliarder pada tahun 2022, dengan Jorge Paulo Lemann menjadi miliarder terkaya di negara itu pada tahun yang sama.
 

9. Italia


Italia memiliki 52 miliarder pada tahun 2022, menjadikannya salah satu negara terkaya dengan miliarder terbanyak. Italia memiliki PDB sebesar US$2,1 triliun pada tahun 2021.
 

10. Taiwan


Taiwan memiliki 51 miliarder pada tahun 2022 dan PDB sebesar US$0,8 triliun. Taiwan mendominasi industri chip, dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company Limited memiliki 60 persen pangsa pasar pengecoran global.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.