Pernah Dengar Soal Manajer Lingkungan? Intip Kerjanya di Sini!

Manajer Lingkungan. (Ilustrasi: Canva)

Manajer Lingkungan. (Ilustrasi: Canva)

Like

Be-emers tahu kan kalau semua tindakan pemerintah atas alam itu ada istilahnya. Nah bener tuh, kegiatan-kegiatan tersebut dinamakan manajemen lingkungan. Manajemen lingkungan merupakan salah satu ruang lingkup pada manajemen publik yang berfokus pada lingkungan alam atau lingkungan hidup sesuai dengan namanya.

Gampangnya, manajemen lingkungan berarti tindakan manajerial atau pengaturan yang dilakukan oleh pihak berwenang seperti pemerintah, dalam mengelola dan mendayagunakan aset-aset alam. Nah, bentuk manajemen ini seharusnya bertujuan untuk mempertahankan kelestarian dan keseimbangan alam.

Makanya, dari manajemen jenis ini juga muncul kebijakan-kebijakan yang isinya seputar hal-hal yang boleh dan enggak boleh dilakukan terhadap alam kita, nih. Seperti namanya, manajemen ini memiliki aspek-aspek yang dikelolanya. 

Aspek yang dikelola yaitu elemen dari kegiatan atau pergerakan manusia yang berinteraksi dengan lingkungan dan juga memberi dampak kepada lingkungan.

Pada tahun 1996, terbitlah suatu standar bernama ISO 14001 yang mana standar ini berguna sebagai acuan bagi organisasi untuk menjalankan sistem manajemen lingkungan.


Baca Juga: Cuan dari Ide Bisnis Ramah Lingkungan yang Jadi Tren di 2023!

Pasti temen-temen udah enggak asing lagi lah ya sama standar itu, biasanya muncul di bisnis-bisnis yang emang langsung berhubungan dengan alam, contohnya konstruksi, properti, pabrik, dan lainnya.

Sebagai sebuah organisasi sektor publik yang sangat besar, negara harus tetap memperhatikan kelangsungan hidup lingkungan alam sebagai ekosistem yang terdampak dari penyelenggaraan negara.

Manajemen publik suatu negara dianggap berhasil tidak hanya saat mampu memaksimalkan sumber daya dengan baik, tetapi juga menimbulkan dampak negatif pada lingkungan seminim mungkin. Hal ini dikarenakan tanpa sadar kesejahteraan masyarakat juga dipengaruhi oleh keseimbangan lingkungan fisik.

Jadi tujuan utamanya memang sesuai dengan prinsip manajemen publik bahwa dalam rangka memenuhi kebutuhan publik, diperlukan suatu sistem manajemen yang tidak hanya mengurus masalah sosial, tetapi juga masalah lingkungan hidup.

Terus nih ya, sebenarnya manajemen lingkungan juga punya peran untuk mencapai kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan beberapa cara. 

Misalnya, pembuatan kebijakan pengelolaan limbah dan batasan pemanfaatan sumber daya alam pada pemerintah pusat dan daerah, pengelolaan lingkungan dengan pemasangan instalasi, pembentukan dinas lingkungan hidup, serta pengelolaan ekosistem udara, air, dan tanah sesuai dengan SOP kebijakan lingkungan hidup.

Baca Juga: Sustainability vs Kenyamanan, Haruskah Memilih Salah Satunya?

So, diharapkan organisasi pemerintah mampu bersinergi bersama dalam menjawab permasalahan yang ada di masyarakat, seperti masalah lingkungan. Nah, gimana nih, udah pada siap jadi the next manager lingkungan hidup?

Punya opini untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.