Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI, Berapa Total Kekayaan Erick Thohir?

Erich Thohir dan La Nyalla Mattalitti di Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan Ketum PSSI. (Foto: Instagram/erickthohir)

Erich Thohir dan La Nyalla Mattalitti di Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan Ketum PSSI. (Foto: Instagram/erickthohir)

Like

Erick Thohir secara resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI untuk periode 2023-2027. Kepastian itu diketahui setelah Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (KLB PSSI) terlaksana pada Kamis (16/2) di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Erick Thohir dipastikan menang dengan jumlah suara 64 dari total 86 voters, sedangkan calon ketum lain La Nyalla mendapatkan 22 suara. Sebelum adanya KLB ini nama Erick Thohir sempat tersendat menjadi calon ketum PSSI lewat aturan berkontribusi sebagai anggota PSSI selama lima tahun. Akan tetapi, masalah itu langsung dibantah.

Sebab Be-emers, Erick Thohir pernah berkecimpung di sepak bola Indonesia sebagai Wakil Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) pada tahun 2009-2019. Erick Thohir juga tercatat pernah menjadi Direktur Keuangan Persija Jakarta pada era 2000-an.

Terkini, Erick Thohir merupakan pemilik saham Persis Solo sejak 2021. Nah, dengan terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI, Be-emers penasaran ga berapa ya kekayaan mantan bos klub bola Inter Milan ini?

Baca Juga: Tips Sukses Membangun Usaha ala Menteri BUMN Erick Thohir


Dari laporan e-LHKPN KPK tahun 2021 yang bisa diakses oleh umum, Erick Thohir melaporkan total kekayaannya sejumlah Rp 2.319.242.458.655. Yes! 2,3 Triliun lebih Be-emers, dari total kekayaan itu kira-kira didapatkan dari mana saja ya Be-emers?

Rinciannya data harta kekayaan Erick Thohir ternyata berasal dari 34 jenis harta berupa tanah dan bangunan senilai Rp 364.201.100.000. Lalu alat transportasi dan mesin senilai Rp 1.876.500.000, harta bergerak lainnya senilai Rp 27.996.250.000, surat Berharga senilai 1.722.549.424.100.

Ada juga kas dan setara kas senilai Rp 209.370.369.495, dan harta lainnya senilai 159.200.899.207. Nah selain kekayaan itu Be-emers, Erick Thohir juga memiliki utang senilai Rp 165.952.084.147.
 

Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Instagram/erickthohir)


Wihhh, banyak banget ya Be-emers! Kenapa Erick Thohir bisa kaya banget ya? Ternyata ini lho bisnis-bisnisnya yang membuat kekayaan Erick Thohir ini layak disebut Sultan kalo kata anak sekarang.
 

Saking banyaknya Be-emers, kita ulas 6 saja ya bisnis Menteri BUMN ini:


Erick Thohir memang sebelumnya terkenal sebagai pengusaha dan investor, sih. Enggak heran usahanya banyak banget, Be-emers!


1. PT Avabanindo Perkasa (Mahaka Advertising)


Perusahaan ini merupakan perusahaan yang dimiliki Erick Thohir dan fokus pada layanan jasa periklanan seperti billboard, jembatan penyeberangan orang (JPO), bando jalan, dan neon box.
 

2. PT Republika Media Mandiri


Berdiri sejak tahun 1992 Republika merupakan perusahaan media jurnalistik. Harian Republika dan Republika Online adlaha media yang berada di bawah PT Republika Media Mandiri.
 

3. PT Danapati Abinaya Ivestama (Jak TV)


Erick Thohir juga memiliki Jak TV melalui perusahaannya PT Danapati Abinaya Investama. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2005 awalnya dimilik Jawa Pos Group. Namun, pada 2012, Jak TV  diakuisisi perusahaan Erick Thohir dengan nilai akuisisi mencapai Rp55,5 miliar atau 50 persen saham.
 

4. PT Kalyanamitra Adhara Mahardhika (Alive! Indonesia)


Perusahaan ini didirikan pada tahun 2007 milik Erick Thohir yang menyediakan layanan brand activation, creative agency, hingga event organizer.

Baca Juga: Erick Thohir Paksa Pakai Kompor Listrik, Memang Lebih Hemat Ya?
 

5. PT Media Golfindo (Golf Digest Indonesia)


PT Media Golfindo juga perusahaan yang dimiliki Erick Thohir. Perusahaan ini diketahui menjadi penerbit dari majalah Golf Digest Indonesia.

6. PT Mahaka Radio Integra Tbk


Melalui PT Mahaka Radio Integra, Erick Thohir juga memiliki beberapa perusahaan radio yaitu PT Radio Attahiriyah (Gen 98.7 FM Jakarta), PT Radio Camar (Gen 103.1 FM Surabaya), dan PT Suara Irama Indah (Jak 101 FM).

Keren ya Be-emers Mas Menteri satu ini! Oiya karena sudah terpilih secara resmi, semoga Pak Erick bisa melaksakan program yang ia janjikan sebelum pemilihan Ketum PSSI dengan baik ya Be-emers.

Seluruh masyarakat Indonesia pasti berharap ada perubahan yang sangat besar bagi dunia sepak bola di Indonesia ini dari tagan dingin seorang Erick Thohir! So, Selamat bertugas ya Pak Erick!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.