Jobseeker Merapat, Ini Tugas dan Fungsi HRD di Perusahaan!

Tugas dan Fungsi HRD. (Ilustrasi: Canva)

Tugas dan Fungsi HRD. (Ilustrasi: Canva)

Like

Setelah episode yang lalu tentang manajemen lingkungan, sekarang kita bahas ke jenis manajemen yang aku yakin pasti Be-emers sudah familiar nih, yaitu manajemen sumber daya manusia.

Manajemen sumber daya manusia atau manajemen personalia adalah salah satu ruang lingkup dalam manajemen publik yang paling penting karena untuk mencapai tujuan organisasi tersebut, sekumpulan manusia di dalamnya perlu diatur.

Ngomongin soal personalia, pasti Be-emers udah khatam banget sama bagian HRD (Human Resource Development) di kantor, PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia) di organisasi, atau semacamnya.

Yes, itu semua punya hubungan dengan kegiatan manajemen sumber daya manusia ini. Manajemen jenis ini juga bisa dikatakan sebagai suatu aktivitas penentuan, perencanaan, dan pelaksanaan kebijakan.

Program ini bertujuan untuk mengelola, memelihara dan mengembangkan tenaga kerja dalam rangka mendukung peningkatan efektivitas organisasi.
 

Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Bidang Kerja



Sederhananya mereka enggak cuman berfokus di proses pengelolaan manusia dalam organisasi tersebut, tetapi juga ada usaha buat meningkatkan produktivitas, etos kerja, dan juga pastinya keahlian seluruh individu yang berperan di dalamnya.

Manajemen sumber daya manusia pada organisasi sektor publik enggak melulu soal aparatur sipil negara, tetapi pegawai BUMN dan lainnya juga bisa. Sebagai bagian dari manajemen publik, manajemen sumber daya manusia memiliki tanggung jawab besar untuk dapat mencari dan membentuk para aparat negara yang profesional dan kompeten.

Baca Juga: Ini Profesi Anti-Resesi Tahun 2022!

Apabila para manajer publik tersebut merupakan individu yang berakhlak dan berkualitas, maka tujuan organisasi sektor publik untuk memenuhi kebutuhan publik akan lebih mudah dicapai.

Dengan demikian, harapan dari manajemen sumber daya manusia sektor publik ini adalah mampu memberikan pelayanan publik yang baik dan merata kepada seluruh masyarakat.

Nah, seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa manajemen sumber daya manusia sangat menentukan kualitas dari para aparat publik, hal ini juga mempengaruhi mutu pelayanan publik yang diberikan oleh negara kepada masyarakat luas, lho!

Untuk mencapai tujuan bangsa Indonesia dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, diperlukan sumber daya manusia pada aparat pemerintahan yang mampu memproduksi kebijakan publik dan memberikan pelayanan publik yang memuaskan masyarakat.

Dari proses manajemen ini diharapkan lahirnya para manajer publik yang tidak KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme), taat SOP, berbudi pekerti luhur, serta siap mengabdi kepada bangsa dan negara. Setuju kan, Be-emers?
 
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.