Rekomendasi Software Buat yang Mau Jago Desain 3D!

Animasi design 3D dengan Autodesk Maya (Sumber gambar: movies.disney.com/wreck-it-ralph)

Animasi design 3D dengan Autodesk Maya (Sumber gambar: movies.disney.com/wreck-it-ralph)

Like

Semakin berkembangnya teknologi berdampak besar pada industri kreatif, salah satunya desain animasi atau 3D. Be-emers yang tertarik menjajal dunia desain 3D harus tahu software-software di bawah ini!

Saat ini bisa dibilang dunia ada dalam kondisi yang sangat visual, desain 3D sudah banyak menampilkan keterampilan yang semakin berharga dan diminati banyak kalangan.

Mengembangkan keterampilan dalam desain 3D ini juga bisa jadi salah satu investasi berharga bagi siapapun yang tertarik mengejar karir di bidang terkait atau bagi siapa pun yang ingin meningkatkan kemampuan kreatif dan teknis mereka.
 

Rekomendasi Software Desain 3D


Ingin bisa desain animasi atau 3D? Yuk simak software desain 3D yang wajib kamu coba berikut ini!
 

1. Blender 

 

Design Blender (instagram/eslammo7amed)

Design Blender (instagram/eslammo7amed)


Blender mengumumkan dirinya sebagai open source 3D yang biasa digunakan oleh para profesional dan penggemar untuk membuat berbagai proyek 3D, termasuk video game, film animasi, visualisasi arsitektur, dan desain produk.  


Baca Juga: Jadikan Konten Motion Graphic Sebagai Media Promosi Kekinian

Meski banyak software animasi 3D yang dapat digunakan, Blender memiliki popularitas yang tidak dapat dipungkiri, mengingat penyediaan fitur yang beragam dan kece serta dapat diakses secara gratis. 

Salah satu keunggulan utama Blender adalah fleksibilitas dan keserbagunaannya, karena mendukung berbagai format file dan memiliki beragam fitur untuk membuat dan memanipulasi objek 3D.

Selain itu, Blender tidak hanya dapat digunakan pada sistem operasi MacOS, tetapi dapat dijangkau pada penggunaan Windows dan Linux. Tertarik mencobanya? Langsung kunjungi websitenya ya!
 

 2. Autodesk Maya

 

film animasi yang menggunakan tambahan sofware Autodesk Maya

Film animasi yang menggunakan tambahan sofware Autodesk Maya


Autodesk Maya memiliki kemampuan animasinya yang kuat. Dengan fitur yang tersedia dapat membuat animasi sangat realistis dan kompleks seperti yang ada dalam industri film maupun game.

Alat animasi Maya termasuk animasi keyframe, motion capture, dan alat rigging yang memungkinkan desainer membuat gerakan dan perilaku yang nyata dalam desain.

Baca Juga: Deretan Film Animasi Karya Anak Indonesia yang Super Keren dan Layak Kamu Tonton

Selain itu, Autodesk memainkan peranan penting dalam menciptakan sebagian besar film imajinasi yang ikonik dan mengesankan. Pada tahun 2013 film animasi yang memenuhi syarat di kategori animasi terbaik di antaranya menggunakan software animasi 3D dan visual efek dari Autodesk Maya.

Para nominator tersebut adalah dua film 3D animasi, yaitu Brave dan Wreck-It Ralph. Kalian ingin membuat desain 3D yang memukau secara visual dan realistis? Autodesk Maya layak kamu pertimbangkan!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.