Audit Komunikasi Pada Perusahaan, Pentingkah?

Ilustrasi Audit pada Perusahaan (Sumber gambar: Freepik.com)

Ilustrasi Audit pada Perusahaan (Sumber gambar: Freepik.com)


Menjalankan sebuah perusahaan atau organisasi, bukanlah kegiatan yang mudah. Mungkin hampir semua diantara kita, pernah merasakan bagaimana terlibat pada jalannya perusahaan, ataupun organisasi, baik di dunia kerja maupun semasa kuliah dulu.

Terkadang, sistem yang kompleks pada organisasi, justru membuat efektivitas kinerja organisasi melemah, namun dibalik itu semua, sistem yang ada pun mampu membuat alur kinerja menjadi lebih sistematis.

Kita pasti sudah tidak asing mendengar kata audit, meskipun pada suatu organisasi kegiatan audit masih jarang dilakukan, namun di tingkat perusahaan kegiatan audit ini berguna untuk melihat kesesuaian antara informasi dan kriteria perusahaan yang telah ditetapkan.

Pihak yang melakukan audit biasanya berasal dari perusahaan publik seperti akuntan publik, namun bagi beberapa perusahaan bagian audit telah disiapkan tersendiri sebagai bagian independen diluar bagian yang hendak mereka audit.

Baca Juga: Akuntansi dan Audit, Serupa Namun Berbeda


Terdapat berbagai jenis audit yang dapat dilakukan, seperti audit keuangan, audit pajak, audit operasional, audit kepatuhan dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis audit tersebut sangat umum ditelinga kita, namun bagaimana dengan audit komunikasi? Seberapa pentingkah perannya bagi jalannya perusahaan.

Audit Komunikasi


Joseph Kopec (1982) mendefinisikan audit komunikasi sebagai rangkaian analisis lengkap terkait komunikasi internal dan eksternal yang berguna untuk mendapatkan gambaran mengenai kebutuhan komunikasi, kebijakan, tindakan dan kemampuan.

Audit komunikasi juga untuk mengetahui data yang diperlukan yang memungkinkan pimpinan perusahaan membuat kebutuhan berdasarkan informasi yang tepat, dan ekonomis mengenai tujuan masa depan komunikasi.

Singkatnya, audit komunikasi merupakan rangkaian kegiatan untuk menilai alur dan efektivitas komunikasi guna mencapai tujuan-tujuan perusahaan di masa depan.

Sayangnya, audit komunikasi ini jarang sekali dilakukan oleh perusahaan, karena dinilai kompleks dan membutuhkan pengetahuan yang mendalam tentang bidang di luar komunikasi seperti bisnis dan manajemen.

Selain itu, banyaknya aspek yang dibutuhkan untuk melakukan audit komunikasi membuat kegiatan ini membutuhkan waktu yang cukup lama.
 

Pentingkah Audit Komunikasi?


Kendati demikian, di era kompleksnya media komunikasi seperti saat ini, audit komunikasi harus dilakukan guna menekan penyebaran informasi yang tidak benar (hoax). 

Baca Juga: Enggak Perlu Repot, Ini Cara Bangun Brand Lewat Komunikasi Virtual

Selain itu juga meminimalisir kelalaian alur komunikasi yang dilakukan oleh struktural perusahaan, ataupun mengevaluasi kebijakan-kebijakan komunikasi yang selama ini berjalan di perusahaan.

Tidak dapat dipungkiri, kegiatan komunikasi pada suatu perusahaan menjadi aspek yang sangat vital bagi keberlangsungan perusahaan, apalagi untuk menggapai tujuan-tujuan perusahaan di masa depan.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.