Mau Punya Rumah di Usia Muda? Ini yang Perlu Kamu Lakukan!

Dream House. (sumber: freepik.com)

Dream House. (sumber: freepik.com)

Like

Siapa sih yang enggak mau punya rumah di usia muda? Membeli rumah adalah salah satu tujuan keuangan jangka panjang bagi banyak orang. Namun, banyak orang yang merasa kesulitan untuk membeli rumah pada usia muda mereka.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk membeli rumah, seperti pendapatan rendah, hutang, dan biaya hidup yang tinggi.
 

Tips Membeli Rumah di Usia Muda

Ada beberapa cara yang dapat membantu Be-emers agar bisa membeli rumah pada usia muda, seperti:

1. Membuat Rencana Keuangan yang Baik
 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat rencana keuangan atau mengatur arus kas dengan baik, seperti menetapkan tujuan keuangan jangka panjang dan membuat anggaran bulanan untuk memenuhi tujuan tersebut.

Baca Juga: Belajar Soal Keuangan dari Buku Rich Dad Poor Dad!

Rencana keuangan juga harus memperhitungkan biaya hidup, hutang, dan pengeluaran bulanan lainnya.

2. Menabung
 

Idealnya kita menyisihkan 20 persen pendapatan setiap bulannya, untuk mencapai target yang diinginkan. Namun,  menabung tidak selalu mengenai uang. Kita dapat menabung ilmu yang tentunya dapat meningkatkan value/skill sehingga dapat berpengaruh pada pendapatan. 



Sebagai contoh, seseorang bekerja sebagai akuntan di kantor dan rajin mengikuti seminar mengenai keuangan, dengan skill tersebut orang tersebut bisa membuka jasa konsultan keuangan sehingga kita dapat memiliki dua sumber pendapatan .

3. Mengurangi Hutang
 

Hutang dapat mengurangi kemampuan untuk membeli rumah. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengurangi hutang sebanyak mungkin.

Ini termasuk membayar hutang kartu kredit, pinjaman mobil, dan hutang lainnya secepat mungkin. Ini akan membantu  memperbaiki rasio hutang dan membuat lebih mampu untuk membeli rumah.

4. Mendapatkan Pekerjaan dengan Pendapatan yang Baik
 

Pendapatan adalah faktor utama dalam membeli rumah. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendapatkan pekerjaan yang stabil dan memiliki pendapatan yang baik.

Baca Juga: Butuh Tanggung Jawab Tinggi, Seberapa Besar Sih Gaji Hakim?

Ini akan membantu kamu memenuhi kebutuhan hidup dan meningkatkan kemampuan kamu untuk membeli rumah, tentu kamu harus terus mengupgrade skill kamu ya!

5. KPR
 

Nah ini dia, salah satu program pemerintah yang memudahkan kamu mendapatkan rumah yang kamu impikan diusia muda. Secara tidak langsung kamu berhutang untuk membeli rumah ke bank.

Kebanyakan orang mulai dari menghadiri pameran properti. Di sana developer akan memberikan keuntungan ketika membeli rumah, seperti diskon down payment, diskon harga rumah, dan kemudahan persyaratan pengajuan KPR.

6. Berbisnis atau Membangun Usaha

Yes, tentu enggak asing lagi dengan poin ini. Banyak pendapat mengatakan kalau membangun usaha tentu menjadikan sumber pendapatan kita lebih tinggi.

Walaupun faktanya bukan hal yang mudah dalam membangun bisnis, kamu perlu bermodalkan materi dan skill, team yang solid dan system management yang baik. 


Bagaimana Be-emers? Tetap semangat ya memiliki rumah di usia muda!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.