Melancong ke Krui, Negeri Para Saibatin dan Ulama yang Memukau

Keindahan Pantai di Krui. (Sumber Gambar: Jadesta.Kemenparekraf.go.id)

Keindahan Pantai di Krui. (Sumber Gambar: Jadesta.Kemenparekraf.go.id)

Like

Di Lampung ada satu kota yang memiliki daya tarik tersendiri, terutama pantainya yang cocok untuk surfing. Kota ini juga dijuluki Negeri Para Saibatin dan Ulama. Ini adalah Krui yang keindahannya memanjakan mata.

Bagi kamu yang mencintai olahraga surfing pasti tidak asing dengan salah satu kota yang menjadi tempat terselenggaranya acara surfing internasional bertajuk “Krui Pro” di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

Krui merupakan ibukota Kabupaten Pesisir Barat, kabupaten termuda di provinsi Lampung, dan terletak sekitar 243 Kilometer dari pusat kota Bandar Lampung.

Apabila kamu mendarat di Bandara Raden Inten II, Bandar Lampung, maka kamu membutuhkan waktu sekitar 5 jam 30 menit untuk sampai di Krui.

Daerah ini dijuluki atau memiliki slogan Negeri Para Saibatin dan Ulama dikarenakan adanya peran dari 16 sai batin atau pemimpin adat dan tempat lahirnya para alim ulama di Pesisir Barat, termasuk Krui.


Baca Juga: Yuk Liburan, 9 Rekomendasi Tempat Wisata di Kalimantan Selatan!
 

Wisata Krui


Wisata utama Krui terletak pada keindahan pantainya. Eksotisme garis pantai yang menjalar, disertai ombak yang besar, menjadikan banyak pantai di Krui diminati oleh para pelancong nasional maupun internasional.

Terdapat 10 pantai yang ada di kota Krui, yakni pantai Labuhan Jukung, pantai Way Redak, pantai Mandiri, pantai Walur, pantai Tanjung Setia, pantai Way Sindi, pantai Tembakak, pantai Batu Tihang, pantai Negri Tanumbang, dan pantai Melasti.

Apabila kamu datang ke Krui, kamu akan melihat banyak wisatawan internasional yang melakukan surfing, atau sekedar menikmati pantai.

Selain wisata pantai, terdapat pula beberapa wisata yang ada di kota ini, seperti bendungan Way Karang, Hutan Damar, Gua Matu, Pulau Pisang, Way Biha, dan Batu Guri.

Pulau Betuah, yang merupakan satu-satunya pulau terluar Indonesia yang ada di Provinsi Lampung, juga merupakan destinasi wisata yang ada dalam cangkupan Krui, meskipun akses yang sangat sulit untuk dicapai karena jauh dari mana-mana.

Akses menuju Krui sangatlah mudah, apabila kamu membawa kendaraan seperti mobil ataupun motor informasi di jalur lintas Provinsi menuju Krui tersedia secara jelas.

Kondisi jalan yang baik, turut menjadikan Krui sebagai destinasi potensial di Provinsi Lampung. Apabila kamu menggunakan kendaraan umum, kamu bisa menggunakan bus dari Bandar Lampung untuk menuju kesana.

Baca Juga: Isi Weekend dengan Wisata Jalan Kaki Sambil Belajar Sejarah, Seru!

Bahkan kamu bisa menggunakan pesawat dan mendarat langsung di Bandara Mohammad Taufik Kiemas, Krui. Dilain sisi, terdapat banyak pilihan hotel maupun tempat penginapan rumahan yang dapat kamu pilih sesuai budget.

Untuk urusan makanan, kamu tidak perlu khawatir. Pilihan makanan khas Krui tersebar di berbagai sudut kota seperti Gulai Taboh, Tempoyak, Gabing, Seruit, Kue Geguduh, Kue Engkak dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai kemudahan akses dan keindangan pantai-nya, maka Krui cocok untuk masuk list tempat healing kamu yaa Be-emers.
 
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.