Jadi Morning Person, Ini Tips Bangun Pagi Lebih Awal!

Tips bangun pagi lebih awal (Foto: Canva)

Tips bangun pagi lebih awal (Foto: Canva)

Like

Orang sukses memiliki berbagai kebiasan baik, salah satunya yaitu bangun pagi lebih awal. Tapi enggak semua orang terbiasa dengan rutinitas bangun pagi lebih awal. Simak tips membiasakan bangun pagi lebih awal di sini!

Dilansir dari Halodoc, para peneliti di University of Colorado Boulder (CU Boulder) dan Broad Institute of MIT dan Harvard menganalisis data genetik dari hampir 840.000 orang dewasa keturunan Eropa.

Data tersebut meliputi 85.000 orang yang memakai pelacak tidur yang bisa dipakai selama 7 hari dan 250.000 yang mengisi kuesioner preferensi tidur. Dari penelitian tersebut didapati bahwa semakin awal kamu bangun pagi, semakin baik manfaatnya.

Para CEO di dunia pun banyak yang menjadikan bangun pagi lebih awal sebagai kebiasaan dalam hidup mereka, seperti  CEO Pepsi Indra Nooyi, CEO Apple Tim Cook, CEO Disney Bob Iger, CEO Starbucks Howard Schultz dan sebagainya.

Baca Juga: Insomnia dan Tips Agar Bisa Tidur Cepat


Tokoh dunia yang sukses tersebut memang terbiasa bangun sebelum pukul 05.00 waktu setempat dan sudah memulai kegiatannya.
 

Keuntungan Bangun Pagi


Keuntungan bangun pagi ada banyak diantaranya adalah hidup menjadi lebih produktif, suasana hati yang lebih bahagia, udara yang masuk ke dalam tubuh juga lebih segar untuk dihirup serta memiliki efek yang sangat baik untuk kesehatan mental.

Contohnya ketenangan dan terus semangat menjalani aktivitas sepanjang hari. Jadi, kebaikan bangun lebih awal selain menyehatkan secara fisik juga secara mental, tidak heran setiap orang sukses memiliki kebiasaan ini.

Dengan banyaknya manfaat bangun lebih awal, membuat kita yang belum bisa membiasakannya harus berlatih untuk bisa bangun pagi lebih awal.
 

Tips Bangun Pagi


Ada beberapa tips yang bisa dicoba agar Be-emers terbiasa bangun pagi, diantaranya adalah:
 

1. Faktor Cahaya


Saat kita membuka mata, adanya cahaya juga menentukan reaksi kita saat tersadar pertama kali. Bersyukurlah ketika rumah kita memiliki jendela yang cukup besar untuk cahaya masuk.

Akan tetapi jika rumah tidak memiliki ventilasi cahaya yang cukup alangkah baiknya kita segera berjalan keluar untuk melihat cahaya fajar yang remang. Hal ini cukup mempengaruhi semangat kita untuk segera melakukan aktivitas pagi. 
 

2. Penggunaan Elektronik pada Malam Hari


Saat menjelang istirahat malam, sebaiknya penggunaan elektronik seperti televisi dan smartphone dikurangi sebisa mungkin. Ini dapat mempengaruhi kualitas tidur Be-emers tentu saja. Semakin baik kualitas tidur, semakin mudah untuk bangun. 
 

3. Camilan Malam 


Selain penggunaan elektronik sebisa mungkin makan di malam hari dihindari, hal ini mempengaruhi kinerja pencernaan dan juga mempengaruhi proses bangun tidur Be-emers. Apabila ingin makan camilan malam, sebisanya dilakukan sebelum jam 8-9, yah

Baca Juga: Cemilan untuk Minum Kopi Pagi, Resep Singkong Goreng Isi Unti Kelapa
 

4. Kafein Pagi


Memang hal pertama yang dianjurkan setelah sadar dari tidur adalah minum satu gelas air putih, tidak ada salahnya hal tersebut dilakukan terlebih dahulu. Akan tetapi, rasa kantuk biasanya memang masih menyerang.

Apalagi untuk Be-emers yang baru mulai membiasakan untuk bangun lebih awal sehingga apabila terjadi  hal demikian bisa dibantu dulu dengan kopi panas di pagi hari. Kita menyadari bahwa membiasakan segala sesuatu yang baru itu tidak mudah, tetapi kalau yakin bisa, pasti bisa kok. 
 

5. Akhiri dengan Sarapan 


Serangkaian kegiatan pagi hari bisa diakhiri dengan melakukan sarapan agar aktivitas seharian bisa dilakukan dengan baik dan maksimal tentu saja. Manfaat sarapan juga sangat banyak, salah satunya menjaga daya konsentrasi sepanjang hari. 

Membiasakan hal-hal yang tidak dibiasakan memang sulit pada awalnya. Tetapi, kesulitan tersebut memang harus dilewati untuk mendapatkan kebiasaan baru yang lebih baik. Semoga Be-emers semua bisa melewatinya dan menjadi salah satu orang yang sukses juga. 
 
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.