Yuk Kenalan dengan Espresso dan Kerabatnya!

Kenalan dengan Espresso dan Kerabatnya Yuk! (Sumber gambar: canva)

Kenalan dengan Espresso dan Kerabatnya Yuk! (Sumber gambar: canva)

Like

Halo Be-Emers! Saya tidak akan bosan-bosannya nih menyapa kalian semua. Terimkasih atas support, sharing, dan caring-nya ya. 

Mulai dari tema yang ini, pembahasan mulai agak serius nih. Tapi tetap yang namanya opini hanya berasal dari pemikiran penulis yang sudah terbalut dengan konteks terdekat dari penulis itu sendiri.

Jadi, mungkin antara saya (selaku barista yang tidak begitu barista sekali) dengan pecinta kopi lainnya (bisa dengan barista lain atau penikmat kopi yang lain) memiliki perbedaan persepsi terhadap suatu pengertian.

Disini tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar, lebih tepatnya saling berbagi pendapat (menurut saya dan pembaca sekalian) untuk mendapatkan pengertian yang selangkah lebih mendekati kebenaran.

Tidak mengharapkan "kebenaran absolut", hanya saja semakin banyak referensi akan semakin mendekatkan kita kepada kebenaran yang ingin kita telisik tadi.


Baca Juga: Mengenal Istilah Penting dalam Dunia Kopi, Pemula Wajib Masuk!

Perbedaan persepsi (dengan barista lain atau penikmat kopi yang lain) dari beberapa pengertian yang akan penulis jelaskan ini lebih tepatnya dipengaruhi oleh banyak hal. Bisa karena pergeseran makna, kultur, latar belakang, bahkan juga bisa karena terjemahaan yang tidak terserap secara penuh.

Sehingga, menyebabkan bias makna dan kemamangan dalam memahami persepsi atau pengertian terhadap sesuatu. Dalam hal ini kopi, karena bukan berasal dari Indonesia, maka kata-kata yg digunakan pun akan menyerap darimana asal kata tersebut.
 

Kenalan dengan Istilah Kopi 

Yuk, kenalan dengan istilah-istilah kopi yang sering digunakan di Indonesia
 

1. Espresso


Mengutip dari wikipedia, Espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau cepat karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan. 

Secara teknis, espresso diperoleh ketika 45 ml air disemburkan melewati 7 sampai 9 gr kopi bubuk pada temperatur 90 °C dengan tekanan 9 atmosfer.

Hal ini disampaikan Susan Zimmer dalam bukunya yang bertajuk "I Love Coffee" yang terbit pada tahun 2007 dengan penerbit Andrews McMeel Publishing.

Pemahaman penulis terhadap espresso secara sederhana adalah hasil ekstraksi kopi (yang sudah digiling dengan ukuran tertentu) yang keluar dari mesin kopi dengan takaran tertentu.

Bagaimana perbaningan antara dose dan yield-nya? Ini akan tergantung dengan berbagai variable. Rata-rata ratio yang digunakan adalah mulai dengan 1:1, sampai dengan 1:2.

Sebagai contoh kita menggunakan dose (D) 18 gram dengan yield (Y) antara 18 gram sampai dengan 36 gram. Untuk menjelaskan pengertian selanjutnya, maka disi kita tetapkan saja sebagai contoh paten bahwa D=18 gram, sedangkan Y=36 gram.
 

2. Ristretto


Sama halnya dengan espresso, ristretto juga berasal dari Bahasa Italia yang memiliki arti "terbatas". Nah yang dibatasi disini adalah yield (Y)-nya.

Disini secara otomatis rasa dan waktunya juga akan berbeda dengan espresso, akan tetapi dose yang digunakan tetap sama. Biasanya Y ristretto adalah setengah dari Y espresso.

Jika tadi Y dari espresso adalah 36 gram, maka Y dari ristretto adalah 18 gram. Nah, ini pakai single spout atau double spout? Akan saya bahas pada artikel selanjutnya:)
 

3. Doppio


Doppio sendiri dalam bahasa Italia artinya "rangkap dua". Sebagai pembanding, satu seloki espreso dinamakan solo. Dalam bahasa Inggris, dopio juga dapat disebut dengan double-shot.

Pengertian ini penulis kutip dari wikipedia dengan footnote dari berbagai sumber. Jelas, rangkap disini adalah yield-nya berarti Y=72 gram (mengacu dengan contoh espresso 36 gram), tapi apakah diletakan didalam seloki yang sama ataukah diletakan diseloki yang berbeda dalam satu shot (split menggunakan double spout portafilter)?

Dan ini juga termasuk dalam opini saya pribadi, apakah rangkap disini adalah dua kali shot, dengan pengertian setelah dapat espresso yang pertama, kita shot satu kali lagi untuk espresso yang kedua? Karena keterbatasan penulis, tema ini juga akan penulis dibahas dalam artikel selanjutnya. :)
 

4. Lungo


Masih berasal dari bahasa Italia, Lungo adalah Bahasa Italia yang berarti “long” dalam bahasa Inggris atau "panjang" dalam bahasa indonesia. Lungo akan diekstraksi dengan time (T) kira-kira 1 menit, menghasilkan Y antara 130 gram sampai dengan 150 gram dalam sekali shot.

Baca Juga: Pesan Cappuccino Double Shots, Apa Maksudnya Ya? Cek Di Sini!

Berarti sama kayak americano atau long black dong? Apalagi ini? Lagi-lagi karena keterbatasan penulis, Insya Allah juga akan penulis sampaikan pada artikel-artikel selanjutnya.

Demikian sobat Be-Emers dan pembaca yang budiman pengertian singkat tentang empat istilah yang nanti akan pembaca ketahui jika bergelut dengan kopi.

Pembatasan pengertian yang benar tentang empat hal ini adalah apakah di coffee shop tertentu espresso yang digunakan adalah ristretto-kah atau doppio-kah, asalkan cita rasa daripada kopi yang disuguhkan ke kita tetap nikmat, maka itulah esensi dari kopi yang sebenarnya. :)

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.