Makan Buah-buahan Ini untuk Perbaiki Kadar Gula Darah!

Buah untuk memperbaiki kadar gula (Sumber gambar: Canva)

Buah untuk memperbaiki kadar gula (Sumber gambar: Canva)

Like

Memperhatikan pola makan yang baik adalah bagian yang paling penting untuk mengontrol kadar gula bagi penderita pradiabetes, diabetes, dan gula darah rendah. Ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan ini.

Selain memperhatikan pola makan, faktor seperti aktivitas stres, berat badan, dan genetika juga berperan dalam menjaga kadar gula dalam darah.

Ada banyak cara diet yang sehat guna mengontrol kadar gula dengan baik, hanya dengan mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan.
 

Buah yang Bisa Memperbaiki Gula Darah


Dilansir dari sindonews.com, berikut buah-buahan yang dapat memperbaiki kadar gula dalam darah rendah.
 

1. Jeruk 


Berdasarkan penelitian,  buah jeruk dapat membantu menurunkan atau memperbaiki kadar gula dalam darah. Hal ini karena jeruk dianggap sebagai buah glikemik rendah karena tidak mempengaruhi gula dalam darah dibandingkan jenis buah lainnya seperti nanas dan semangka.


Baca Juga: Peluang Usaha Jus Buah, Minim Gula Anti Somasi

Jeruk juga mengandung serat yang memiliki senyawa tanaman seperti polifenol, naringenin yang memiliki sifat antidiabetik. Makan buah jeruk secara utuh juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin yang mampu mengurangi HbA1c dan melindungi dari perkembangan penyakit diabetes.
 

2. Alpukat 


Selain memiliki rasa yang lembut dan lezat, ternyata buah alpukat juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya bermanfaat dalam pengaturan gula darah. Buah ini juga kaya akan vitamin, mineral, lemak sehat, dan terbukti akan khasiatnya dalam meningkatkan kadar gula darah. 

Sejumlah peneliti juga telah menemukan bahwa buah alpukat tidak hanya menurunkan kadar gula dalam darah, tetapi juga mengatur tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi yang bisa menyebabkan peningkatan pada penyakit kronis.
 

3. Apel 


Apel mengandung senyawa tumbuhan, termasuk asam galat, quercetin, asam klorogenat dan mengandung serat larut yang semua itu dapat membantu mengurangi gula darah dan melindungi dari penyakit diabetes. 

Baca Juga: Banyak Konsumsi Buah Ini Tidak Perlu Takut Karena Rendah Gula

Sebuah penelitian uji coba pada 18 wanita menemukan makan apel dalam waktu 30 menit sebelum makan nasi secara signifikan mengurangi kadar gula darah setelah makan, dibandingkan dengan makan nasi saja. 
 

4. Berries 


Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa asupan buah berry dapat meningkatkan kontrol gula darah. Buah berry mengandung banyak serat, antioksidan, vitamin dan mineral. 

Buah berry menjadi buah pilihan yang sangat baik bagi orang-orang yang bermasalah dengan pengelolaan kadar gula dalam darah.

Mana buah yang sering kamu konsumsi? Komen di bawah ya!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.