Adu Kekayaan Menteri-Menteri Jokowi, Sandiaga Hingga Thohir!

Presiden Jokowi bersama jajaran menterinya. (Foto: Kemenkominfo)

Presiden Jokowi bersama jajaran menterinya. (Foto: Kemenkominfo)

Like

Presiden Jokowi telah memimpin selama dua periode. Seperti presiden lainnya, ia dibantu menteri-menteri dalam bekerja. Simak kekayaan menteri era Jokowi yang mencapai angka fantastis!

Pejabat publik sedang mendapat sorotan usai warganet spill kekayaan pegawai pajak yang mencapai angka fantastis. Akhirnya merembet ke pejabat-pejabat dari sektor lainnya.

Menteri yang merupakan orang terdekat presiden dalam struktur pemerintahan juga tersorot nih Be-emers. Ada beberapa menteri Presiden Jokowi yang diketahui hartanya mencapai triliunan rupiah.
 

Kekayaan Menteri Jokowi


Bisnis.com telah merangkum menteri Presiden Jokowi yang memiliki kekayaan cukup tinggi.
 

1. Sandiaga Uno


Sebelum menjadi menteri, Sandiaga Uno dikenal sebagai pengusaha. Kini ia menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan pengalaman menjabat sebagai direksi di banyak perusahaan berbagai sektor.


Kekayaannya mencapai Rp10,6 triliun menurut LHKPN 2021, setelah dikurangi utang yang mencapai Rp289 miliar. 

Baca Juga: Ini Negara yang Paling Banyak Investasinya di Indonesia!

Hartanya tersebar ke beberapa aset, mulai dari surat berharga, aset dalam kas dan setara kas, alat transportasi dan mesin, dan tanah serta bangunan. 
 

2. Sakti Wahyu Trenggono


Sakti Wahyu Trenggono menggantikan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Ia tercatat jadi menteri Jokowi terkaya kedua dengan total kekayaan mencapai Rp2,9 triliun.

Sebelumnya, ia merupakan Wakil Menteri Pertahanan. Sakti memiliki 44 aset baik tanah maupun bangunan yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Jawa Tengah, hingga Bali, senilai Rp59,7 miliar. 

Ia juga memiliki aset kendaraan, surat berharga, harta bergerak lainnya, kas setara kas, dan harta lainnya. Di LHKPN ia tidak tercatat memiliki utang.
 

3. Erick Thohir


Selain menjabat sebagai Menteri BUMN, Erick Thohir juga baru saja terpilih sebagai ketua PSSI. Total harta yang dimilikinya mencapai Rp2,3 triliun. 

Hartanya tersebar dalam beberapa aset. Mulai dari surat berharga, aset tanah dan bangunan, kendaraan, harta bergerak lainnya, kas setara kas, dan harta lainnya. Di LHKPN ia tercatat memiliki utang Rp165 miliar. 
 

4. Prabowo Subianto


Prabowo Subianto menjabat sebagai menteri pertahanan. Ia juga merupakan perwira tinggi militer dan tercatat memiliki kekayaan total senilai Rp2 triliun.

Prabowo juga merupakan Ketua Umum Partai Gerindra. Asetnya tersebar paling banyak di surat berharga. Prabowo tercatat memiliki utang sebesar Rp8 miliar. 

Baca Juga: Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI, Berapa Total Kekayaan Erick Thohir?

Aset lain yang dimilikinya berupa tanah dan bangunan, kendaraan, harta bergerak lainnya, kas dan setara kas, serta harta lainnya.
 

5. Nadiem Makarim


Sebelum menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim dikenal karena mendirikan perusahaan teknologi Gojek yang membantu masyarakat dalam hal transportasi.

Dalam LHKPN tercatat kekayaan totalnya mencapai Rp1,1 triliun dan utang sebesar Rp193 miliar. Kekayaannya disebar dalam banyak aset.

Mulai dari aset tanah dan bangunan, kendaraan, harta bergerak lainnya, kas setara kas, surat berharga, dan harta lainnya.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.