Kaum Muslim, Ada Investasi Minim Risiko Bernama ZISWAF Lho!

ZISWAF bermanfaat secara sosial dan memberi keuntungan dunia-akhirat (Sumber Gambar Canva)

ZISWAF bermanfaat secara sosial dan memberi keuntungan dunia-akhirat (Sumber Gambar Canva)

Like

Siapa bilang investasi hanya untuk keuntungan materi? Investasi di dunia-akhirat juga penting lho, Be-emers! Khususnya bagi kaum muslim, sudah kenal dengan instrumen investasi ZISWAF? Sini kenalan dulu!

Ada instrumen investasi yang high return but no risk, modalnya enggak selalu harus uang. Diawasi oleh yang lebih dari OJK, pasti menguntungkan, dan return dapat kita realisasikan baik di dunia maupun akhirat. Instrumen tersebut adalah ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqoh, Wakaf).

Bagi kaum muslimin bisa juga mempertimbangkan instrumen investasi ini, apalagi momennya pas banget nih bertepatan dengan bulan suci Ramadan. 
 

Apa itu ZISWAF?


Mungkin kalau dipisah satu persatu sudah banyak yang familiar, tapi kalau digabungkan seperti ini banyak yang masih asing nih. Yuk, kita kenalan dengan ZISWAF!

Baca Juga: Investasi Kripto, Halal atau Haram Sih?
 

1. Zakat



Zakat adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh setiap muslim yang memiliki harta di atas nishab (batas tertentu). Zakat sendiri memiliki banyak sekali manfaat, baik untuk pemberi (Muzakki) maupun penerima zakat (Mustahiq). 

Pemberi zakat akan mendapatkan pahala besar di sisi Allah, serta membersihkan harta dari sifat serakah dan egois. Sedangkan penerima zakat akan merasakan manfaatnya langsung, seperti bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, dan bisa terhindar dari sifat iri dan dengki.
 

2. Infaq


Infaq merupakan bentuk amal yang tidak kalah pentingnya dari zakat. Infaq adalah memberikan sebagian harta yang dimiliki untuk kepentingan umum, seperti untuk pembangunan masjid, pembelian alat-alat kesehatan, atau untuk membantu orang yang membutuhkan.

Infaq juga memiliki banyak manfaat, seperti membuat hati menjadi lapang, mempererat tali persaudaraan, serta bisa menghilangkan sifat tamak dan serakah.
 

3. Sedekah


Sedekah. Sedekah merupakan bentuk amal yang lebih luas dari infaq. Sedekah bisa diberikan kepada siapa saja, tidak hanya untuk kepentingan umum. Sedekah juga bisa diberikan dalam bentuk apa saja, tidak hanya berupa uang. 

Sedekah bisa berupa waktu, tenaga, atau bahkan senyuman. Sedekah juga memiliki manfaat yang sangat besar, seperti bisa memperoleh ridho Allah, serta bisa menjaga hati tetap bersih dan lapang.

Baca Juga: Mansa Musa, Orang Terkaya di Dunia yang Membuat Kairo Inflasi Karena Sedekah
 

4. Wakaf


Dalam konsep wakaf, pemilik harta atau asset tersebut menahan kepemilikan dan penggunaannya secara pribadi, dan mengalihkannya kepada Allah SWT sehingga tidak bisa diperjualbelikan atau diwariskan kepada orang lain.

Artinya, harta tersebut menjadi milik umum yang dikelola dan dimanfaatkan selamanya untuk kepentingan umum, seperti mendirikan masjid, membangun rumah sakit, membantu fakir miskin, pendidikan dan lain sebagainya.

Dalam Islam, ZISWAF dianggap sebagai bentuk investasi yang memiliki keuntungan di dunia dan akhirat. Dengan memberikan zakat, infaq, sedekah, dan wakaf, kita membantu sesama dan memperoleh pahala dari Allah SWT.

Sebagai contoh, dengan memberikan zakat, kita membantu fakir miskin dan orang yang membutuhkan, dan pada saat yang sama, kita juga memperoleh keuntungan di akhirat.

Dalam hal keuangan, investasi ZISWAF juga memberikan keuntungan bagi umat Muslim. Kegiatan zakat, infaq, sedekah, dan wakaf dapat membantu mengurangi tingkat kemiskinan dan mengembangkan perekonomian umat Muslim. Hal ini dapat menciptakan lingkungan bisnis yang sehat dan produktif.

Mulai investasi melalui ZISWAF yuk, Be-emers!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.