Mulai 15 April Akun Twitter Gratisan Hilang dari Section For You!

Twitter blue (Foto: Canva)

Twitter blue (Foto: Canva)

Like

Twitter sudah resmi mengeluarkan Twitter Blue yang bikin orang-orang bisa dapat centang biru dengan bayar. Nah, buntut dari kebijakan ini akun-akun yang enggak langganan Twitter Blue bakal dihapus dari section For You.

Twitter terus mengalami perubahan dalam aplikasinya nih, Be-emers. Kalau dulu timeline Twitter cuma ada satu, sekarang timeline Twitter ada dua section.

Dua section yang dimaksud terdiri dari section For You, yang isinya rekomendasi tweet dari campuran akun-akun yang enggak kamu follow dan yang kamu follow. Biasanya merupakan tweet yang viral atau direkomendasikan sesuai algoritma.

Kedua adalah section Following yang merupakan kumpulan tweet orang-orang yang memang kamu follow. Jadi kalau kamu follow banyak orang isi section ini pastinya akan lebih beragam.

Tadinya sembarang akun bisa ada di section For You. Tapi, katanya Twitter mau buat kebijakan baru yang bikin akun-akun non-subscriber Twitter Blue enggak bisa ada di section For You


Baca Juga: Resmi Masuk Indonesia, Berapa Biaya Langganan Twitter Blue?
 

Akun Twitter Gratisan Dihapus dari For You


Twitter akan mencegah postingan dari akun yang belum diverifikasi alias akun gratis muncul di umpan algoritmik For You mulai 15 April 2023.

Keputusan ini diumumkan oleh CEO Twitter yang cukup kontroversial, Elon Musk, pada Selasa (29/3). Keputusan ini dibuat salah satunya karena banyaknya bot AI yang ada di Twitter dan ekosistemnya mulai enggak sehat.

Berdasarkan apa yang diumumkan Elon Musk, hanya kiriman yang berasal dari akun Twitter Blue berbayar atau terverifikasi yang memenuhi syarat untuk berada di rekomendasi Twitter For You, yang menampilkan tweet dari akun-akun di platform tersebut.

Menurutnya, keputusan untuk enggak lagi merekomendasikan tweet dari akun gratisan atau yang enggak centang biru adalah satu-satunya cara realistis untuk menangani kawanan bot AI tingkat lanjut yang mengambil alih. 

Elon Musk juga bikin tweet yang menegaskan bahwa kemampuan untuk memilih dalam jajak pendapat di Twitter juga perlu verifikasi untuk alasan yang sama. 

Baca Juga: Ikuti Twitter Blue, Facebook dan Instagram Mau Bikin Centang Berbayar

"Jika tidak, ini adalah pertempuran yang kalah tanpa harapan. Voting dalam jajak pendapat akan memerlukan verifikasi untuk alasan yang sama," tambah Musk.

Di postingan Musk sebelumnya mengatakan bahwa verifikasi berbayar secara signifikan meningkatkan biaya penggunaan bot dan membuatnya lebih mudah untuk diidentifikasi.

Kalau gini ceritanya sih bye guys, you will not see my tweet anymore hiks~

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung