3 Fun Fact Diecast Toy yang Perlu Diketahui Kolektor

Land Rover Range Rover Diecast Toy - Image: Koleksi Pribadi

Land Rover Range Rover Diecast Toy - Image: Koleksi Pribadi

Like

Pecinta otomotif atau kolektor mainan, tentu enggak asing nih sama diecast toy. Nah, buat kamu yang hobi koleksi mainan otomotif, ada sejumlah fakta unik yang wajib kamu ketahui, lho!

Diecast toy adalah mainan yang produksinya melalui proses die casting, yakni pencairan logam atau metal yang kemudian dicetak sesuai bentuk yang diinginkan. Die casting punya keunggulan karena membuat mainan atau miniatur otomotif enggak gampang berkarat, ringan, dan solid.

Makanya, mainan diecast kerap diburu para kolektor karena kokoh dan bisa dibentuk jadi miniatur otomotif apapun! Keren, kan?

Mulai dari mobil, truk, hingga pesawat dalam bentuk diecast bisa kamu koleksi! Model dan ukurannya juga beragam.
 

Fun Fact Diecast Toy


Ada 3 fakta menarik tentang diecast toy, nih. Apa aja, sih?


Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Alasan Mobil Toyota - Daihatsu Mirip
 

Meccano Si Pioneer Diecast Toy

Sejumlah brand kayak Hot Wheels hingga Welly Nex cukup mendominasi pasar diecast toy di abad ke-21. Eits, tapi kamu tahu enggak, sih? Hot Wheels dan Welly Nex bukanlah pioneer dari diecast toy, lho!

Ternyata, Meccano jadi pioneer di industri diecast toy. Buat kamu yang belum kenal, Meccano adalah perusahaan yang memproduksi brand mainan diecast Dinky Toys.

Perusahaan mainan asal inggris ini memproduksi Dinky Toys sejak tahun 1934 hingga 1979, di sebuah pabrik di Binns Road di Liverpool.

Nama Dinky Toys sendiri, dikutip dari Catalogue of British Diecast Model Toys, berasal dari set rel kereta api model O gauge yang diproduksi Meccano dengan nama awal "Hornby Modelled Miniatures".

Namun, di Meccano Magazine edisi April 1934, set rel kereta api tersebut kemudian diberi nama "Meccano Dinky Toys." Nah, pada Agustus 1935, nama Meccano dihapus dan diubah menjadi DINKY TOYS, yang bertahan hingga tahun 1971.

 

Salah Satu Model Diecast Toy Buatan Dinky Toys - Image: Wikimedia

Salah Satu Model Diecast Toy Buatan Dinky Toys - Image: Wikimedia


Dilansir dari Collection of Dinky Toys (1935), asal usul nama "Dinky" adalah berasal dari nama panggilan yang diberikan seorang teman kepada putri Frank Hornby, Founder Meccano Ltd.

Jenis diecast toy yang diproduksi di bawah brand Dinky antara lain mobil, truk, kendaraan militer, hingga kapal laut.
 

Ukuran Diecast Toy Terbesar dan Terkecil di Dunia


Dilansir dari Model Cars Houston, diecast toy tersedia dalam berbagai skala. Pabrikan mainan telah memproduksi diecast toy dari skala sekecil 1:144 hingga sebesar 1:4.

Baca Juga: Alternatif Lomba 17an, Permainan Ini Bisa Jadi Bahan Belajar Investasi Lho!

Namun, model dengan skala 1:12 adalah yang paling umum dalam diecast toy kategori besar. Selain itu, kamu juga bisa menemukan model diecast toy dengan skala 1:18 skala, 1:43, dan 1:64 di pasaran.

 

Diecast dengan Berbagai Ukuran - Image: Wikimedia

Diecast dengan Berbagai Ukuran - Image: Wikimedia


Eits, tapi Meccano alias Dinky Toys pernah memproduksi diecast toy dengan ukuran paling kecil di dunia yakni skala 1:122 - 1:265 untuk kategori aircraft dan skala 1:1200 - 1:1985 untuk kategori kapal laut.

Nah, kalau diecast toy koleksi kamu ukuran berapa, nih?
 

Bisa Jadi Sumber Cuan Kolektor


Harga diecast toy memang bervariasi. Dari kisaran tiga puluh ribuan, hingga jutaan rupiah!

Semua tergantung model dan ukuran. Satu lagi, jumlah produksi diecast toy juga bisa mempengaruhi harganya, lho!

Semakin langka jenis diecast toy, harganya bisa semakin mahal. Apalagi, kalau diecast toy tersebut sudah enggak diproduksi lagi oleh pabrik, demand yang tinggi bisa bikin harganya jadi mahal.

 

Welly Nex Land Rover Range Rover Edition - Image: Koleksi Pribadi

Welly Nex Land Rover Range Rover Edition - Image: Koleksi Pribadi


Makanya, diecast toy bisa jadi sumber cuan bagi para kolektor, nih. Kalau kamu mengoleksi diecast limited edition atau diecast yang enggak diproduksi lagi dari pabriknya, kamu bisa mendapatkan cuan jika menjualnya kembali.

Tipsnya, mainan diecast yang kamu koleksi dirawat dengan baik dan dalam kondisi “utuh”. Misalnya, bagian body hingga ban tidak ada yang rusak, hingga kardus/kemasan mainan diecast masih lengkap dan tidak rusak.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.