Hati-Hati Kebiasaan Food Waste di Bulan Ramadan!

Food waste (sumber gambar: pinterest)

Food waste (sumber gambar: pinterest)

Like

Biasanya ada banyak orang yang membagikan makanan di Bulan Ramadan. Kadang sebelum buka kita juga lapar mata sehingga ada makanan terbuang atau food waste. Sadar atau enggak food waste adalah kebiasaan yang sangat buruk.

Ramadan menjadi bulan suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Momen ini banyak digunakan untuk refleksi spiritual, peningkatan diri, dan tidak makan minum dari matahari terbit hingga terbenam.

Sayangnya, di momen ini pula ada banyak sisa makanan atau  food waste karena ada banya makanan yang tidak dikonsumsi dan biasanya ditinggalkan begitu saja.
 

Permasalahan Food Waste


Menurut Food and Agriculture Organization (FAO) PBB (2015), food waste merupakan makanan sisa yang akhirnya terbuang karena tidak dikonsumsi dan atau merupakan bahan makanan yang terbuang dikarenakan adanya kelalaian ketika proses produksi pengolahan dan distribusi.

Baca Juga: 3 Tips Budgeting Puasa Khusus Anak Kost


Food waste menjadi masalah utama dalam konteks Ramadan. Sampah makanan menjadi masalah khusus karena bertentangan dengan ajaran Islam yang menekankan pentingnya tidak menyia-nyiakan sumber daya dan membantu mereka yang membutuhkan.

Perihal perilaku membuang-buang atau mubazir ini tertulis dalam QS al-Isra ayat 27, "Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya."

MUI sendiri telah mengeluarkan fatwa seputar pengelolaan sampah yaitu fatwa nomor 41 tahun 2014. Di dalamnya berisi ketentuan agar umat Islam tidak berbuat dzabzir (menyia-nyiakan) dan israf (berlebihan).

Oleh karena itu, penting bagi umat Islam untuk mengambil langkah-langkah guna menghindari sisa makanan selama Ramadan. 
 

Cara Menghindari Food Waste


Salah satu cara paling efektif untuk menghindari pemborosan makanan selama Ramadan adalah dengan merencanakan menu berbuka dengan hati-hati.

Umat muslim sering berbuka puasa dengan banyak hidangan. Namun, penting untuk mempertimbangkan berapa banyak makanan yang dibutuhkan untuk setiap kali makan dan untuk menghindari sifat konsumtif terhadap makanan.

Baca Juga: Tiny Tetra House: Alternatif Rumah dari Daur Ulang Sampah, Tertarik?

Penting juga untuk menyimpan sisa makanan dengan benar dan menggunakannya sebagai makanan yang akan datang. Cara lain untuk menghindari membuang makanan selama Ramadan adalah dengan menyumbangkan kelebihan makanan kepada mereka yang membutuhkan.

Umat Islam didorong untuk bersedekah selama Ramadan. Menyumbangkan makanan berlebih adalah satu cara yang sangat dianjurkan. 

Selain merencanakan makanan dan menyumbangkan makanan berlebih, ada langkah lain yang bisa dilakukan umat Islam untuk menghindari food waste selama Ramadan.

Misalnya menggunakan wadah yang dapat digunakan kembali dan menghindari kemasan plastik sekali pakai untuk membantu mengurangi limbah. 

Yuk buat perubahan dengan langkah kecil sebagai bentuk kalian peka terhadap lingkungan sekitar dan meningkatkan amal baik bulan suci Ramadan

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.