Yuk, Persiapkan Mudik Biar Makin Asyik!

Mudik (Foto: Bisnis.com)

Mudik (Foto: Bisnis.com)

Like

Menjelang Idul Fitri pasti banyak orang yang mudik ke kampung halaman. Dilakukan setahun sekali, mudik ke kampung halaman harus dipersiapkan agar berjalan lancar dan tetap asyik. Begini kiatnya!

Banyak kendaraan yang dipakai untuk mudik, ada yang dengan pesawat, kereta api, kapal laut, bus, mobil atau malah ada yang mudik menggunakan sepeda motor. Bagi yang perjalanannya jauh mudik akan terasa melelahkan dan membosankan.

Biasanya juga ketika dijalan akan menghadapi kemacematan yang panjang, mabuk perjalanan, kelaparan, kelelahan, dan banyak lagi. Meski begitu banyak orang tetap mau mudik.

Slogan yang sering disebut saat mudik adalah "mau mudik enggak ada uang, enggak mudik rindu"
         
Alasan kenapa banyak orang yang memilih mudik pada saat menjelang Idul Fitri karena rindu kampung halaman dan ingin berlebaran bersama keluarga di kampung halaman.


Baca Juga: Menjelang Lebaran, Ini Ide Bisnis yang Bisa Mendatangkan Cuan!

Selain itu, libur panjang pada saat idul fitri dan dapat THR juga menambah dorongan orang-orang untuk pulang ke kampung halaman.
 

Bagaimana mempersiapkan mudik lancar dan asyik?


Berikut saya kasih tips agar mudik bisa tetap asyik.
 

1. Tiket Keberangkatan dan Kepulangan


Sebaiknya beli dulu tiket berangkat dan pulangnya. Jadi yang paling utama adalah tiketnya, seperti jika ingin naik kereta api maka tiketnya bisa dibeli H-90.

Naik bus tiketnya bisa dibeli di H-30, naik kapal laut bisa beli di H-30, naik pesawat bisa beli tiket di H-90 agar bisa dapat tiket di kelas yang termurah atau promo.

Jika ingin naik kendaraan pribadi pastikan H-30 sudah service kendaraannya baik itu service rutin, ganti oli, ganti ban, dan lainnya yang bisa dibawa nyaman dan tidak ada kendala diperjalanan dan jangan lupa ban candangan untuk yang ingin naik mobil. 


2. Oleh Oleh


Siapkan oleh-oleh lebih awal lebih baik. Misalnya oleh-oleh khas daerah yg sekiranya bisa tahan sampai 3 bulan lebih bisa disiapkan H-30, atau kue kering bisa dipesan atau dibuat H-30.

Atau juga ada yang ingin membawa oleh baju baru untuk orangtua atau saudara-saudara di kampung halaman bisa dipersiapkan sebelum bulan puasa.

Atau bisa dicicil sedikit-sedikit pembeliannya jadi THR kita tetap aman. Oleh-oleh bisa juga berupa uang baru atau THR.


3. Baju Lebaran


Jangan lupa membawa baju lebaran dan perlengkapan solat ya. Apalagi jika bepergian lebih dari sehari. Menyiapkan baju juga sebaiknya dari jauh-jauh hari.

Pastikan baju dan perlengkapan yang akan dibawa tidak tertinggal karena akan susah mencari perlengkapan di hari Lebaran.


4. Perlengkapan Saat Perjalanan


Kita juga perlu mempersiapkan keperluan-keperluan pada saat di perjalanan, misalnya minuman, makanan cemilan, atau makanan nasi dengan lauk yang bisa awet.

Baca Juga: Mudik 2021 Dilarang, Jangan Sedih! Ini Hikmahnya buat Keuangan Kamu

Persiapkan juga obat anti mabuk, minyak kayu putih, plastik untuk mabuk, jaket, kaos kaki, baju ganti jika terjadi hal-hal yang tak terduga, dan lain-lain yang sekiranya dibutuhkan.


5. Uang Secukupnya


Sebaiknya kita membawa uang cash secukupnya jangan berlebihan, akan lebih baik uang disimpan di ATM. Jika ada keperluan belanja di supermarket atau mengisi bahan bakar bisa membayar dengan debit atau E-Money lainnya.


6. Jangan Memakai Perhiasan


Selama perjalanan jangan memakain perhiasan yang berharga, cukup jam tangan yang murah saja. Perhiasan sebaiknya disimpan di koper pakaian. Simpan handphone dengan baik. 

Semoga tips-tips tersebut bisa bermanfaat untuk para mudikers yang akan menuju kampung halaman tercinta. Have fun semuanya~

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.