Tips Kelola Uang THR Versi Kemenaker

Mengelola uang THR (Ilustrasi: Canva)

Mengelola uang THR (Ilustrasi: Canva)

Like

Biar uang THR enggak numpang lewat doang, baiknya dikelola dengan bijak. Ikuti tips dari Kementerian Ketenagakerjaan soal mengelola uang THR ini biar THR kamu penggunaannya maksimal.

Siapa yang sudah dapat uang THR? Memang kalau sudah dapat THR auranya jadi beda ya. Jadi kelihatan lebih happy kayak enggak ada beban gitu wkwkwk~

Kalau sudah pegang uang THR memang rasanya semua-semua ingin dibeli. Mulai dari baju lebaran, sepatu baru, alat solat, hingga hampers untuk orang-orang terdekat. 

Nah, ini nih yang dinamakan jebakan uang THR. Saat baru menerima terasa banyak hingga enggak sadar habis untuk belanja berbagai hal yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan. 

Baca Juga: THR Jokowi Cair! Besarannya Tembus sampai Dua Digit


Kalau sudah begitu artinya pengelolaan uang THR kita tidak baik dan harus diubah. THR sendiri harus dibayarkan H-7 Idul Fitri atau sebelum 15 April 2023. Sementara, untuk ASN mulai dicairkan 4 April 2023.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) juga concern soal pengelolaan uang THR ini. Melalui instagram resminya, mereka memberikan tips mengelola uang THR. 
 

Tips Kelola Uang THR


Kemnaker membagi uang THR menjadi 5 bagian.


1. Kebutuhan Lebaran


Bagian yang paling besar dari uang THR adalah untuk kebutuhan Lebaran. Besaran untuk kebutuhan ini adalah sebanyak 40 persen dari total uang lebaran yang didapatkan.


2. Zakat, Sedekah, dan THR Keponakan


Uang THR wajib dialokasikan untuk zakat dan sedekah. Selain itu biasanya keponakan juga meminta THR dari kita. Kebutuhan ini dialokasikan sebesar 20 persen.

Baca Juga: Ide Bisnis untuk Menambah uang THR, Cuan Hari Raya Nih!


3. Membayar Utang


Utang adalah kewajiban yang harus dipenuhi. Jadi, ketika memiliki uang maka utang harus diselesaikan. Untuk utang bisa dialokasikan sebesar 20 persen.


4. Investasi dan Simpanan


Agar tidak habis begitu saja, uang THR juga perlu dialokasikan untuk simpanan dan investasi. Kamu bisa mengalokasikan sebesar 10 persen untuk kebutuhan ini.


5. Dana Darurat


Selain investasi dan simpanan, dana darurat juga perlu menjadi perhatian saat menerima uang THR. Alokasikan sebanyak 10 persen dari total uang THR untuk dana darurat. 

Begitu dapat THR kamu harus menerapkan tips mengelola uang THR di atas. Jadi bukannya buntung kita malah untung dengan uang THR yang diterima.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung