Kenapa Suka Dapat Ide Cemerlang Saat di Toilet? Ini Alasannya!

Membaca buku saat di toilet dapat membuat otak rileks (Sumber Gambar: Reddit)

Membaca buku saat di toilet dapat membuat otak rileks (Sumber Gambar: Reddit)

Like

Halo Be-emers! Kita pasti pernah mengalami momen di mana ide cemerlangmu muncul secara tiba-tiba saat sedang berada di dalam toilet. Mungkin terdengar aneh, tapi fenomena ini ternyata cukup umum terjadi. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengapa ide cemerlang muncul saat berada di dalam toilet.

Bukan sekali dua kali kita mendapat ide yang bagus bahkan kadang luar biasa saat sedang menyelesaikan urusan di toilet. Apalagi jika memakan waktu yang cukup lama.

Hal ini tidak hanya dialami satu dua orang saja. Banyak orang yang mengaku mendapat inspirasi saat sedang di toilet. Hayo ngaku, kamu salah satunya kan Be-emers!

Sebenarnya ada magic apa sih di toilet sampai-sampai membuat otak manusia bekerja lebih cemerlang hingga terpikirkan ide-ide menarik yang terkadang sudah dicari dengan riset matang tapi enggak ketemu.


Kenapa Sering Mendapat Inspirasi di Toilet?


Mari kita mulai dengan faktor fisik. Saat berada di dalam toilet, otak berada dalam keadaan relaks. Kondisi ini bisa terjadi karena pada saat tersebut kita sedang tidak sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas lainnya.


Baca Juga: Mau Mulai Usaha di 2023? Cari Inspirasi dari 4 Entrepreneur Ini!

Selain itu, lingkungan yang tenang dan terisolasi dari gangguan luar membuat otakmu bekerja secara lebih efektif. Otak pun bisa lebih fokus dan konsentrasi dalam merespon rangsangan sensorik.

Hal lain yang mempengaruhi kondisi relaksasi otak adalah posisi tubuh saat duduk di toilet. Saat kamu duduk, peredaran darah ke seluruh tubuh mengalami peningkatan. Ini berarti bahwa otak mendapatkan pasokan oksigen yang lebih baik, dan hal ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir.

Selain faktor fisik, faktor psikologis juga memainkan peranan dalam munculnya ide cemerlang di toilet. Saat sedang berada di toilet, kita berada dalam kondisi yang tidak stres atau terbebas dari tekanan.

Sebagai contoh, saat di toilet kita mungkin sedang memakai telepon genggam untuk browsing media sosial, atau mungkin sedang membaca buku. Kondisi yang seperti ini membuat otak dapat menghilangkan kecemasan dan stres yang sedang dialami.

Ketika otak berada dalam keadaan yang lebih santai, maka kita bisa lebih kreatif dan berpikir lebih bebas. Hal ini bisa membuat kita mencari solusi atas masalah yang sedang dihadapi, atau menemukan ide-ide baru yang belum terpikirkan sebelumnya. Ide-ide cemerlang seperti inilah yang sering muncul di toilet.

Baca Juga: Kaget, Botol Minum Punya Lebih Banyak Bakteri dari Toilet Duduk!

Namun, tidak semua orang memiliki momen kreatif yang sama saat berada di toilet. Ada yang lebih suka berpikir di tempat yang bising, atau mungkin saat sedang melakukan olahraga. Meski begitu, bagi sebagian orang, toilet merupakan tempat yang ideal untuk berpikir kreatif.

Jadi, Be-emers, itulah mengapa ide cemerlang sering muncul saat berada di dalam toilet. Faktor fisik dan psikologis memainkan peranan penting dalam munculnya ide-ide kreatif.

Jangan malu untuk mengambil catatan saat ide-ide cemerlang tersebut muncul, siapa tahu ide tersebut bisa menjadi kunci kesuksesan kitadi masa depan. Teruslah berpikir kreatif, dan jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan toilet.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.