Ternyata Bisnis Makanan Olahan di Masa Pandemi Tak Kalah Menguntungkan

sumber: freepik.com

sumber: freepik.com

Like

Sebagian besar masyarakat saat ini melakukan aktivitasnya di rumah aja, sehingga ini banyak yang membutuhkan teman untuk menemani kegiatan mereka, salah satunya lewat makanan.

Peluang bisnis makanan ternyata masih menjadi industri terfavorit, apalagi di masa pandemi seperti ini. 

Untuk kamu yang lagi mencari peluang bisnis bisa juga mencoba bisnis makanan satu ini, yaitu makanan olahan siap saji.

Dikutip dari Bisnis.com, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdi mengungkapkan bagaimana telah terjadinya perubahan pola konsumsi masyarakat yang sekarang cenderung untuk selalu menjaga stok bahan makanannya melalui makanan olahan, seperti makanan siap saji dan makanan beku.

Situasi pandemi ini telah membuat masyarkat, terutama kaum muda jadi banyak yang terbiasa memilih makana beku atau siap masak karena mudah dalam penyajiannya tanpa perlu repot-repot memasak. Biasanya juga makanan seperti ini paling enak dijadikan selingan atau teman makan berat.


Fachry Dwiprihanto, salah satu pengusaha makanan olahan siiap saji telah berhasil menjalankan usaha ini di tengah kondisi pandemi yang menyulitkan ini.

Awal mula bisnis Fachry dimulai lewat sambal cumi-cumi siap saji yang disimpan di dalam toples.

Produk sambal siap sajinya diberi label “MICUMI Sambal Baby Cumi” ini diproduksi dari dapur rumahnya sendiri yang berlokasi di Malang, Jawa Timur.

Proses produksi dalam membuat sambal ini, Fachry dibantu bersama rekannya yang merupakan mahasiswi jurusan Tata Boga di Universitas Negeri Malang (UM).

Pemasarannya pun berawal dari mulut ke mulut lewat kerabat terdekat dahulu awalnya. Kemudian, sambal ini mulai dipromosikan di media sosial dan juga e-commerce seperti Shopee.

Menurut pengakuan Fachry, memang awalnya ia tidak berfokus pada bisnis makanan olahan ini. Sebelumnya, Fachry memiliki bisnis biro wisata yang dikelola bersama beberapa rekannya di Sumatra.

Tanpa diduga, karena adanya pandemi ini bisnis biro wisatanya jadi tidak dapat diandalkan lagi, hingga akhirnya Fachry memutuskan untuk mencoba bisnis makanan olahan yang tidak terkena dampak penurunan minat yang terlalu drastis karena adanya pandemi.

Jadi, bagi kamu yang sedang ingin mencoba bisnis baru yang menguntungkan di masa seperti ini, tampaknya bisnis makanan olahan bisa jadi salah satu pilihan yang pas.