Mayoritas Miliarder Kuliah Jurusan Apa Ya?

Ilustrasi canva

Ilustrasi canva

Like

Seseorang yang memiliki jumlah kekayaan besar distereotipkan memiliki pendidikan yang tinggi. Banyak yang penasaran para miliarder kuliah di jurusan apa untuk menjadi inspirasi. Ini jawabannya!

Kebanyakan orang jika mendengar kata miliarder pasti mengasosiasikannya dengan pengusaha. Kemudian jika mendengar kata pengusaha banyak yang mengasosiasikannya dengan jurusan bisnis manajemen.

Jadi, banyak orang yang berpikir bahwa para miliarder di dunia merupakan orang-orang dari jurusan bisnis manajemen. Tapi, apakah hal ini valid?

Banyak yang bertanya-tanya, orang-orang kaya dan miliarder mayoritas mengambil jurusan apa saat kuliah. Jurusan kuliah yang diambil mayoritas miliarder bisa menjadi inspirasi bagi orang-orang lain.


Jurusan Kuliah Mayoritas Miliarder Dunia


Baca Juga: Ini Miliarder Termuda di Dunia 2023 dan Sumber Kekayaannya!


1. Teknik



Banyak miliarder yang merupakan lulusan jurusan teknik. EricSchmidt, miliarder Amerika yang memiliki kekayaan bersih sekitar US$16,2 miliar, memiliki gelar teknik dalam bidang teknik listrik dan ilmu komputer dari program doktor pada 1982. 

Jeff Bezos lulusan dari Princeton University pada 1986 dengan gelar sarjana teknik listrik dan ilmu komputer, setelah mengubah jurusan dari fisika.

Min Kao, pendiri Garmin GPS memiliki gelar teknik elektro dari University of Tennessee  dan Henry Samueli sebagai pendiri Broadcom dengan gelar teknik elektro dari UCLA pun hadir.

Selain itu, ada banyak miliarder lainnya yang merupakan lulusan jurusan teknik. Ini menyebabkan teknik menjadi jurusan paling populer di kalangan orang kaya. 


2. Ilmu Komputer


Di jurusan ilmu komputer ada beberapa miliarder yang menjadi alumninya. David Shaw (US$7,9 miliar) dan David Siegel (US$6,8 miliar) merupakan Ph.D di bidang ilmu komputer. 

Beberapa lainnya ada Charles Simonyi (US$5,2 miliar) pencipta program Word dan Excel. Ada juga James Clark (US$2,9 miliar), salah satu pendiri browser web Netscape. 


3. Biologi


Di peringkat ketiga ada jurusan biologi. Ada setidaknya enam orang dari jurusan biologi yang berhasil menjadi miliarder. 

Baca Juga: 10 Negara yang Warganya Banyak Jadi Miliarder! Sejahtera Dong?

Ada ketua Apple, Art Levinson (US$1,3 miliar), yang memiliki gelar Ph.D. di bidang ilmu biokimia dari Princeton. 

Contoh lainnya ada Timothy Springer (US$2.1 miliar), seorang profesor biokimia biologi dan farmakologi molekuler di Harvard yang mendapatkan gelar Ph.D. di bidang biologi molekuler dan biokimia.


4. Kimia


Kimia menduduki peringkat keempat dengan setidaknya ada lima orang dari jurusan ini yang berhasil menjadi miliarder. 

Suami istri Li Ge (US$5,6 miliar) dan Ning Zhao (US$ 1,2 miliar), yang meluncurkan perusahaan layanan manufaktur farmasi dan perawatan kesehatan yang berbasis di Shanghai, WuXi AppTech, menjadi contohnya.


5. Fisika


Menurut Yale, bisa dibilang fisika adalah dasar dari semua ilmu. Itulah yang membuat banyak orang kuliah jurusan fisika dan beberapa diantaranya berhasil menjadi miliarder.

Salah satu contohnya adalah Fisk Johnson III yang memperoleh gelar Ph.D. dalam fisika sebelum menjadi ketua dan CEO SC Johnson, sebuah perusahaan yang memproduksi produk pembersih rumah tangga terbesar di dunia. 

Ada jurusan kuliah kamu enggak nih Be-emers? Komen di bawah ya!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.