8 Juta Warga AS Berpotensi Kelaparan, Apa Penyebabnya?

Ilustrasi warga AS bingung di supermarket (Canva)

Ilustrasi warga AS bingung di supermarket (Canva)

Like

Program tunjangan atau bantuan sosial (bansos) pangan Amerika Serikat dihentikan sejak awal tahun 2023. Penghentian ini membuat 8 juta warga AS berpotensi kelaparan.

Program bantuan sosial pangan Amerika Serikat ini disebut juga dengan SNAP. Dihentikannya program bansos pangan sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi negara tersebut.

Pemerintah federal Amerika memberikan berbagai tunjangan bagi warga yang hidup dalam kemiskinan, supaya bisa membeli makanan bagi keluarganya. 

Program itu disebut “Program Tunjangan Makanan Tambahan Bergizi” atau “Supplemental Nutritious Assistance Program”, disingkat SNAP.

Tunjangan ini berbentuk kupon dan umumnya bisa digunakan di jaringan supermarket besar. Tapi di beberapa negara bagian bisa ditukar dengan bibit tanaman agar bisa memulai kebun sendiri.


Satu dari empat rumah tangga yang menerima bantuan subsidi pangan tambahan di era pandemi mengatakan bahwa mereka kadang-kadang atau sering tidak memiliki cukup makanan sejak program tersebut dicabut di 32 negara bagian per 1 Maret 2023, menurut analisis Biro Sensus AS. 

Baca Juga: Warga Amerika Serikat Ramai-Ramai Resign, Kok Bisa?

"Hasil tersebut menandai periode penuh pertama pengumpulan data setelah sebagian besar rumah tangga menerima jumlah SNAP yang lebih rendah," kata Biro Sensus AS dikutip dari Bloomberg, Kamis (27/4/2023). 

Tunjangan ini ditujukan untuk masyarakat miskin Amerika Serikat. Keluarga yang terdiri dari empat orang dengan pendapatan US$2.000/bulan bisa mendapat rata-rata US$340.

Nominal yang didapat tersebut dalam bentuk tunjangan Program Bantuan Gizi Tambahan setiap bulannya. Jumlah tersebut US$600 lebih rendah daripada sebelum masa berlakunya.


Tunjangan Dihentikan, Pertumbuhan Ekonomi Tertekan


Akibat tunjangan ini dihentikan, masyarakat Amerika Serikat harus menekan biaya hidupnya. Akhirnya banyak dari mereka yang tidak membelanjakan uangnya.

Ini mengakibatkan tertekannya pertumbuhan ekonomi di Negeri Paman Sam tersebut. Menurut ekonom di Morgan Stanley, dampak penghentian tunjangan sudah terlihat dalam angka-angka terbaru pada produk domestik bruto untuk kuartal I/2023. 

Baca Juga: Benarkah Orang-Orang Terkaya di Amerika Menghindari Pajak Penghasilan?

Laporan Departemen Perdagangan menunjukkan pertumbuhan PDB AS melambat menjadi 1,1 persen secara tahunan per kuartal I/2023. 

Tim Morgan Stanley memperkirakan bahwa berakhirnya SNAP mengakibatkan kerugian pada pendapatan yang dapat dibelanjakan sebesar US$4 miliar dari Februari hingga Maret.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.