Miliarder Swadaya Termuda 2021, Austin Russell ‘Pemilik’ Forbes

Austin Russell

Austin Russell

Like

Austin Russell sempat menjadi miliarder swadaya termuda pada tahun 2021, sekarang dia ‘memiliki’ Forbes dengan membeli 82 persen sahamnya.

Austin Russell merupakan pengusaha yang saat ini berusia 28 tahun. Ia adalah pendiri dan CEO Luminar yang telah mengembangkan teknologi vision-based lidar dan persepsi mesin untuk mobil self-driving.

Pada tahun 2022 kekayaannya mencapai US$1,6 miliar. Dia putus kuliah pada tahun 2012 setelah menerima US$100.000 Thiel Fellowship, sebuah program yang didanai oleh miliarder Peter Thiel untuk membina pengusaha.


Austin Russell Akuisisi Forbes


Kepada The Wall Street Journal (13/5), ia mengatakan telah membeli 82 persen saham di Forbes Global Media Holdings di kesepakatan yang menghargai perusahaan hampir US$800 juta.

Baca Juga: Miliarder Termuda Ini Tidak Menyesal Drop Out dari Kuliah


Menurut Wall Street Journal, saham Russell ini termasuk bagian yang tersisa dari perusahaan tersebut, yang menjual 95 persen perusahaan ke grup investor yang berbasis di Hong Kong Integrated Whale Media pada tahun 2014.

Forbes pada dasarnya dijual sejak saat membatalkan merger dengan SPAC pada bulan Juni tahun lalu, setelah pasar memburuk dan investor kehilangan selera untuk SPAC.

SPAC atau special purpose acquisition company adalah perusahaan tanpa operasi komersial dan dibentuk secara ketat untuk meningkatkan modal melalui penawaran umum perdana (IPO) untuk tujuan mengakuisisi atau bergabung dengan perusahaan yang sudah ada.

Perusahaan Russell, Luminar, go public melalui merger SPAC pada tahun 2021 ketika investor ritel masih menuntut saham di perusahaan teknologi mobilitas. 

Dalam sebuah pernyataan kepada Wall Street Journal, Russell mengatakan tentang motivasinya bahwa: "Forbes adalah sesuatu yang selalu saya pandang sebagai merek dan kerajaan media." 

Dia juga mengatakan kepada surat kabar tersebut bahwa dia tidak berencana untuk terlibat dalam operasi sehari-hari Forbes tetapi dia ingin mengembangkan dan menekankan "filantropi" dalam bisnis.

Baca Juga: 10 Wanita Terkaya di Dunia 2023 Versi Forbes, Sekaya Apa Sih?

Forbes berencana menunjuk dewan baru yang terdiri dari pakar media, teknologi, dan kecerdasan buatan Amerika.

Majalah ini didirikan pada tahun 1917 oleh B.C. Forbes, seorang imigran Skotlandia dan kolumnis bisnis untuk jaringan surat kabar Hearst.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.