Sunbae Hoobae, Senioritas dalam Industri Hiburan Korea Selatan

Music Bank, salah satu acara musik Korea Selatan yang menampilkan sunbae dan hoobae kpop (Youtube Music Bank)

Music Bank, salah satu acara musik Korea Selatan yang menampilkan sunbae dan hoobae kpop (Youtube Music Bank)

Like

Penggemar industri hiburan Korea Selatan pasti tahu bahwa di Korea Selatan kental sekali dengan budaya saling menghormati. Begitu juga pada industri hiburannya. Bahkan ada istilah sunbae hoobae untuk ini.

Dalam hubungan vertikal, pasti ada senioritas di dalamnya. Baik dalam pendidikan, pekerjaan, dan lainnya. Senioritas juga terjadi di Negeri Gingseng, Korea Selatan.

Korea Selatan adalah negara yang menjunjung tinggi budaya kesopanan dalam kehidupan sehari-harinya. Apalagi kesopanan yang menyangkut hubungan dengan orang lain.

Tidak heran, senioritas di Korea Selatan masih cukup kental. Korea Selatan juga terkenal dengan industri hiburannya yang berkembang pesat, mulai dari K-Pop hingga K-Drama.

Industri ini tidak luput dari budaya senioritas. Di Korea Selatan, untuk menunjukan senioritas menggunakan istilah sunbae dan hoobae.


Arti Sunbae Hoobae dalam Budaya Korea Selatan



Sunbae dan hoobae di Korea Selatan memiliki arti senior dan junior. Sunbae adalah kata yang mengacu pada seseorang yang memiliki pengalaman lebih.

Baca Juga: Bagaimana Cancel Culture Bisa Menghancurkan Karir Artis Korea?

Sedangkan hoobae adalah kebalikannya, yaitu seseorang yang pengalamannya lebih sedikit. Sehingga sunbae berarti senior dan hoobae berarti junior. 

Istilah senioritas ini tidak berpatok pada umur, namun lebih kepada pengalaman. Bisa saja orang yang berumur 20 tahun tapi dengan pengalaman 10 tahun menjadi sunbae bagi orang berumur 30 tahun dengan pengalaman 5 tahun.

Budaya tata krama dan senioritas yang tinggi membuat hubungan sunbae dan hoobae di Korea Selatan cukup keras. 

Umumnya, Hoobae harus menggunakan jondaetmal atau bahasa kehormatan ketika berbicara dengan sunbae. Ini berarti mereka harus berbicara sangat sopan dan memperlakukan sunbae dengan hormat.

Bahasa, kosa kata, dan gestur tubuh yang digunakan hoobae ke sunbae berbeda dengan bahasa sehari-hari atau ke orang-orang dekat dan sepantaran.

Mengenai sunbae hoobae ini adalah tanda hormat. Jika tidak mengikuti aturan perilaku kehormatan ini makan akan dianggap telah berperilaku sangat kasar. 


Sikap Sunbae Hoobae di Industri K-Pop


Industri K-Pop adalah industri yang cukup kompetitif di Korea Selatan. Orang-orang yang debut di industri K-Pop ini disebut dengan idol. Ada banyak grup musik yang debut dan akan ada semakin banyak.

Baca Juga: Kenapa Banyak Artis Korea Enggak Punya Media Sosial?

Grup-grup yang debut ini tidak terpaut usia. Jadi bisa saja ada grup yang terdiri dari usia 27 hingga 17. Jika grup musik debut lebih dulu maka dia akan disebut sunbae oleh grup musik lain yang debut belakangan.

Idol K-Pop sering tampil bersama di acara-acara musik dan pasti mereka sering bertemu. Ketika bertemu dengan sunbae, hoobae harus lebih dahulu menyapa dengan membungkuk dan memberi salam.

Ketika akan berjabat tangan, hoobae harus mengulurkan tangan terlebih dahulu. Di industri K-Pop atau di kalangan idol, sunbae dan hoobae ditentukan oleh waktu debut.

Dalam dunia K-Pop hoobae juga harus mendatangi sunbaenya. Dalam acara bersama, biasanya akan ada ruang tunggu untuk masing-masing pengisi acara atau idol.

Hoobae harus mendatangi ruang tunggu sunbae untuk menyapanya secara resmi. Jika sunbae yang hadir banyak, maka mereka akan mendatangi banyak ruang tunggu.

Ada juga keyakinan sebaiknya hoobae memberikan album mereka untuk sekedar memperkenalkan musiknya pada sunbaenya.

Memang cukup rumit hubungan sunbae hoobae di industri K-Pop, ini karena Korea Selatan yang menjunjung tinggi budaya sopan santun.


Dapatkan info terkini terkait gaya hidup hanya di Bisnis Style.


Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.