500 Pekerja Terkena Layoff Silicon Valley Bank

Silicon Valley Bank

Silicon Valley Bank

Like

Pemilik baru Silicon Valley Bank (SVB), First Citizens, memangkas sekitar 500 jabatan yang dipegang oleh para pegawai SVB. Dengan kata lain, memecatnya.

Silicon Valley Bank sempat membuat gempar lantaran runtuh di awal maret kemarin. Tepatnya, pada 10 Maret 2023, bank yang berfokus pada startup ini mengalami keruntuhan hebat.

Silicon Valley Bank runtuh hanya dalam waktu 48 jam setelah nasabahnya melakukan penarikan besar-besaran atau rush money pada Jumat, 11 Maret 2023. 


SVB Runtuh dan Dibeli First Citizen


Silicon Valley Bank atau SVB mengalami kebangkrutan dikarenakan hal yang bisa dibilang masalah klasik bank, yaitu rush money atau penarikan uang tunai di bank yang dilakukan serentak dalam jumlah banyak.

Namun, pada kenyataannya tidak hanya itu yang menyebabkan SVB jatuh seperti saat ini. Ada proses panjang dan rumit yang berdampak pada kejatuhan SVB. 


Baca Juga: Kenapa Silicon Valley Bank Bisa Bangkrut?

Ini berawal dari kebijakan The Fed, Bank Sentral AS, yang menaikan suku bunga beberapa kali untuk menekan laju inflasi. 

Kenaikan suku bunga yang dilakukan The Fed secara agresif menyebabkan biaya pinjaman menjulang serta melemahkan momentum kenaikan saham teknologi yang selama ini menguntungkan SVB.

Suku bunga yang lebih tinggi juga mengikis nilai obligasi jangka panjang yang dipegang SVB dan bank lain selama era suku bunga yang sangat rendah dan mendekati nol. 

Pada saat yang sama, modal ventura mulai mengering, memaksa para pemula untuk menarik dana yang dipegang oleh SVB. 

Setelah keruntuhan tersebut, SVB dibeli oleh First Citizen. Bisnis SVB di Inggris dibeli pada bulan Maret oleh raksasa perbankan yang berkantor pusat di London HSBC dengan nominal £1 (US$1,25).


SVB Layoff 500 Karyawan


BBC memberitakan, Kepala eksekutif First Citizens Frank Holding menyoroti masalah yang dihadapi oleh SVB awal tahun ini dan mengatakan bahwa pemotongan tersebut akan berpengaruh.

Layoff akan berfokus pada SVB corporate functions dan jangan masukkan personel mana pun di posisi yang berhadapan dengan klien.

"Tim di India yang mendukung SVB tidak terpengaruh oleh perubahan tersebut," tambahnya.

Layoff ini akan terjadi pada sekitar 3 persen dari total tenaga kerja perusahaan.

First Citizens berbasis di Raleigh, di negara bagian Carolina Utara AS dan menyebut dirinya bank terbesar yang dikendalikan keluarga di Amerika. 

Baca Juga: Daftar Perusahaan yang Terdampak Silicon Valley Bank Bangkrut!

Mereka telah menjadi salah satu pembeli terbesar bank-bank bermasalah dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan kesepakatan itu, semua 17 bekas cabang SVB dibuka dengan merek First Citizens.

Bulan ini, Greg Becker, mantan bos SVB, meminta maaf selama kesaksian Kongres, menyalahkan kenaikan suku bunga dan rush money sebagai penyebab utama keruntuhan bank.

Suku bunga dipotong tajam selama krisis keuangan global 2008 dan sekali lagi selama pandemi Covid karena bank sentral di seluruh dunia berusaha mendorong pertumbuhan ekonomi.

Tetapi tarif telah meningkat selama setahun terakhir karena bank sentral mencoba mengendalikan harga yang melonjak.

Kenaikan suku bunga ini telah memukul nilai investasi di mana sebagian besar bank menyimpan sebagian uang nasabah mereka, dan berkontribusi pada kegagalan bank di AS.

Pendapatnya kontras dengan para regulator yang menyalahkan kepemimpinan SVB atas kegagalannya mengelola risiko suku bunga atau mendiversifikasi bisnisnya.

Runtuhnya SVB diikuti oleh kegagalan pemberi pinjaman AS lainnya, Signature Bank dan awal Mei, JP Morgan Chase mengambil alih First Republic, yang juga berada di bawah tekanan.

Sementara itu di Eropa, pejabat Swiss menengahi kesepakatan penyelamatan untuk raksasa perbankan bermasalah Credit Suisse oleh saingannya UBS, yang sedang diselidiki oleh jaksa Swiss.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.