5 Tingkatan Emosi Negatif, Ternyata Sedih Bukan yang Pertama!

Film Inside Out jadi salah satu penggambaran emosi yang bisa dirasakan manusia

Film Inside Out jadi salah satu penggambaran emosi yang bisa dirasakan manusia

Like

Orang sering mengira bahwa sedih adalah emosi negatif pertama yang dirasakan manusia. Tapi, sebelum merasakan sedih manusia akan merasakan tingkatan emosi negatif lainnya dulu.

Emosi adalah hal yang lumrah terjadi pada manusia. Ada dua jenis emosi yang bisa dirasakan, emosi negatif dan emosi positif. Siapapun bisa diliputi perasaan ini, karena sejatinya manusia dianugerahi Tuhan sesuatu yang disebut "akal dan perasaan".

Akan tetapi, emosi yang kita bahas adalah emosi negatif dulu yah, kalau ramai lanjut part 2, hehehe. 

Emosi negatif memiliki 5 tingkatan Be-emers. Apa saja tingkatan tersebut? Cari tahu yuk, siapa tahu Be-emers lebih mudah memahami diri sendiri setelah membaca artikel ini.

Baca Juga: Cara Cerdas Emosional Di Tengah Pandemi, Hindari Terlalu Emosional!


5 Tingkatan Emosi Negatif



1. Apatis


Merupakan sikap tak acuh terhadap suatu hal yang terjadi di sekitar, baik itu hal menyenangkan maupun hal yang menyebalkan.
 

Apatis adalah tingkatan yang pertama (Foto: Canva)

Apatis adalah tingkatan yang pertama (Foto: Canva)


Sifat ini merupakan bentuk ketidakpedulian, lebih parahnya ini adalah tingkatan pertama emosi negatif, karena identik dengan istilah "tidak berperasaan".


2. Sedih


Ini pun merupakan suatu emosi, entah disebabkan karena kegagalan, kehilangan, diabaikan, malu, menyesal dan berbagai penyebab lainnya.

Meskipun sedih merupakan emosi negatif, tetapi dengan mengakui dan memiliki rasa sedih Be-emers jadi mampu menghargai hal-hal sederhana yang ada di sekitar.

Baca Juga: Komodifikasi Kemiskinan, Cari Cuan dengan Jual Kesedihan

3. Takut

Perasaan ini adalah dasar dan sangat kuat tertanam di manusia. Banyak pakar psikolog yang menyampaiakn bahwa perasaan takut adalah jenis emosi yang paling tidak menyenangkan, hal ini disebabkan karena terpengaruh pola pikir.

Akan tetapi karena emosi takut terpengaruh pola pikir, emosi ini paling bisa disugesti. Seperti halnya perasaan sedih, sebenarnya perasaan takut pun ada sisi baiknya, yaitu membuat manusia bertahan dalam kelangsungan hidupnya. 


4. Marah

 

Perasaan marah yang diluapkan (Foto: Canva)

Perasaan marah yang diluapkan (Foto: Canva)


Emosi sering diidentikkan dengan marah, padahal seperti yang diterangkan sebelumnya, emosi ada berbagai macam, pada tingkatan keempat ini adalah kemarahan.

Pada tingkatan ini, banyak yang mengatakan bahwa emosi marah dilarang muncul, padahal hal itu mustahil terjadi karena pada dasarnya manusia memiliki emosi marah dan pasti muncul.

Hanya saja cara mengekspresikan kemarahanlah yang membuatnya bisa berbahaya atau tidak. Sebagai manusia, marah itu wajar, mengendalikan emosi yang wajib kita lakukan yah, Be-emers.


5. Sombong


Emosi negatif dari orang lain yang kita benci adalah kesombongan. Sebenarnya sifat ini berawal dari rasa ingin dihormati dan diakui keberadaannya, tetapi jika ini berlebihan akan muncul sombong.

Sifat ini bukan hanya merugikan orang lain, tetapi juga diri sendiri, karena membuat pemilik sifat sombong menjadi sulit dihargai dan tidak disukai. Tingkatan ini adalah yang paling akhir dari emosi negatif yang ada.

Nah, kalau Be-emers lagi merasakan emosi negatif dalam diri, coba deh ungkapkan dalam satu kata. Apakah kamu sedang apatis, sedih, takut, marah atau sombong?

Dengan mendeskripsikan perasaanmu dalam satu kata, bisa membantu kamu dalam memahami apa yang sedang kamu rasakan, loh Be-emers !

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.