Cara Cerdas Emosional Di Tengah Pandemi, Hindari Terlalu Emosional!

Cara cerdas secara emosional (Sumber: Pixabay.com)

Cara cerdas secara emosional (Sumber: Pixabay.com)

Like

Pandemik yang terjadi sepanjang tahun 2020 ini menyebabkan banyak masalah beruntun, seperti finansial, karier, keluarga, dan lain sebagainya. Penumpukan masalah ini jadi salah satu pemicu emosi seseorang yang tidak stabil. Oleh sebab itu, cara cerdas secara emosional jadi hal vital yang harus dilakukan agar masalah yang timbul tidak semakin keruh. 

Dilansir dari Kementrian keuangan mengatakan bahwa pengaruh positif kecerdasan emosional  terhadap pengendalian  kondisi psikologis atas perubahan sangatlah tinggi.Dengan adanya kecerdasan emosional yang tinggi,seseorang dapat memiliki pemahaman kesadaran diri yang baik tentang emosi dirinya, memiliki kemampuan mengatur diri, kemampuan untuk  mencoba yang terbaik, memiliki pemahaman yang baik tentang orang-orang disekitarnya.

Kemampuan networking adalah hal yang wajib kamu kuasai di zaman ini terutama jika kamu memiliki rintisan perusahaan. Untuk itu simak cara selengkapnya di sini!


Cara Seseorang Merespon Masalah

Luapan emosi yang sering kali terjadi secara spontan ini ada tiga cara berbeda. Manusia cenderung melakukan salah satu dari ketiganya saat berhadapan dengan sesuatu yang memicu emosinya. Pertama disebut dengan reaktif atau yang secara spontan melampiaskan emosinya, seperti mengumpat atau marah marah setelah emosinya memuncak. 

Kondisi ini sering kali dialami oleh orang yang emosinya mudah meledak ledak, sehingga kurang bisa mengontrolnya. Banyak orang yang di masa pandemic ini berubah jadi orang yang meledak ledak, setelah merasa emosi. Emosi seperti ini biasanya tergolong pada emosi negatif, seperti marah, kecewa, sedih, takut, cemas akan suatu hal, atau gugup di kondisi tertentu.

Baca juga: 10 Habit Orang Sukses Di Dunia Yang Tidak Pernah Disadari


Luapan emosi yang kedua disebut dengan repressed, yaitu kondisi emosi yang ditekan hingga ke dasar hati. Cara cerdas secara emosional satu ini cukup ampuh agar luapan amarah tidak keluar. Akan tetapi memendam ini juga tidak baik karena dapat berdampak buruk untuk kondisi emosi di sendiri, karena tidak pernah meluapkan rasa marah itu pada orang yang tepat.

Cara ketiga untuk meluapkan emosi, yaitu redirect yang berarti emosi yang dialihkan untuk melakukan hal lainnya. Anda sering kali tak ingin ingat dengan sesuatu yang memicu rasa emosi, sehingga dialihkan ke hal lain yang lebih menyenangkan. Kondisi itu membuat anda lupa sejenak terhadap masalah, sehingga hati lebih tenang dan pikiran dingin saat akan menyelesaikannya lagi


Cara Penyelesaian Masalah Yang Tepat

Saat merasa emosi terhadap suatu hal, sering kali manusia mengambil tindakan yang kurang hati hati dan cenderung tergesa gesa. Sikap seperti ini yang memicu rasa sesal saat anda telah melewatinya dan timbul masalah baru lagi. Oleh sebab itu, emosi yang timbul dalam hati harus dikelola dengan baik seperti menerapkan beberapa cara yang tepat pada bab ini.

Cara pertama yang dapat anda lakukan, yaitu remedy yang berarti memperbaiki masalah yang ada. Cara cerdas secara emosional satu ini membuat anda lebih hati hati saat akan melepaskan emosi, sehingga tidak timbul masalah baru. Cara penyelesaian masalah satu ini membuat anda lebih mudah untuk berada di kondisi yang lebih rumit nantinya.

Pilihan kedua untuk menyelesaikan masalah, yaitu reframing agar dapat melihat masalah dari sudut pandang yang lain. Anda perlu melihat masalah dari berbagai sudut, sehingga bisa melihat alasan dari orang lain. Dengan begitu, anda dapat memahami orang lain dan pilihannya sehingga tidak mengedepankan rasa emosi serta tidak puas terhadap suatu masalah.

Hal yang tak kalah penting, yaitu sikap relax saat menghadapi masalah dalam hidup. Anda perlu mengambil napas sejenak, agar dapat mengatasi masalah secara lebih santai. Setiap orang bisa melakukan cara cerdas secara emosional untuk atasi permasalah dengan meditasi atau relaksasi.

Dengan begitu, tubuh akan merasa lebih positif dan dapat menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Untuk lebih menjernihkan, kamu juga pelru melakukan relaksasi

Wabah covid 19 ini berdampak untuk setiap orang dari berbagai lini kehidupan. Oleh sebab itu, masalah yang timbul pun membuat banyak orang sering kali bersinggungan dan cukup mudah meledak ledak. Anda perlu tiga cara jitu saat menyelesaikan masalah, sehingga masalah dapat diselesaikan dengan kepala dingin dan menemukan solusi yang tepat.

Baca juga: Rahasia Hidup Simpel Minimalis Supaya Tidak Stres!