6 Perguruan Tinggi Ini Dinaungi Perusahaan BUMN! Apa Saja?

Salah satu Universitas yang dinaungi oleh Perusahaan BUMN, Telkom University (Sumber gambar: Blogspot)

Salah satu Universitas yang dinaungi oleh Perusahaan BUMN, Telkom University (Sumber gambar: Blogspot)

Like

Mayoritas orang di Indonesia cenderung memilih perguruan tinggi yang memiliki peluang langsung bekerja setelah lulusnya tinggi. Perguruan tinggi yang di bawah naungan BUMN dianggap sesuai karena setelah lulus peluang bekerja di BUMN cukup tinggi.

Perguruan tinggi adalah jenjang pendidikan yang banyak diimpikan oleh setiap orang karena ketika secara resmi mendapatkan gelar akan membawa kebanggan tersendiri, bukan begitu Be-Emers?

Perguruan tinggi sendiri memiliki banyak bentuk seperti Akademi, Sekolah Tinggi, Politeknik hingga Universitas.

 

Untuk apa BUMN membangun Perguruan Tinggi?


Mungkin pertanyaan ini juga akan muncul di benak Be-Emers semua. Melansir dari laman Aliansi Perguruan TInggi (APERTI) BUMN, aliansi ini dibentuk untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia dalam perusahaan naungan BUMN dan melaksanakan sepenuhnya Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Memang tidak ada jaminan 100 persen ketika Be-Emers berkuliah di salah satu perguruan tinggi naungan BUMN setelah lulus akan langsung direkrut untuk bekerja. 

Baca Juga: Mau Jadi Entrepreneur? Kuliah di Perguruan Tinggi Politeknik Saja


Tapi Be-Emers juga memperbesar kesempatan untuk bisa menjadi bagian dari BUMN karena sebagian besar materi-materinya juga dibuat berdasarkan dunia industri.
 

6 Perguruan Tinggi di Bawah Naungan BUMN


1. Telkom University


Perguruan tinggi ini berada dibawah naungan PT.Telkom Indonesia atau lebih tepatnya Yayasan Pendidikan Telkom dan berada di 4 lokasi yang berbeda yakni Telkom University Bandung, Institut Teknologi Telkom Surabaya, Institut Teknologi Telkom Purwokerto dan Institut Teknologi Telkom Jakarta.

Telkom University memiliki 7 Fakultas dan 40 Program Studi dari berbagai jenjang mulai dari Diploma, Sarjana Terapan, Sarjana, Magister hingga Doktoral.


2. Universitas Pertamina


Selanjutnya adalah Universitas Pertamina, tentu dari namanya saja Be-Emers sudah tahu perguruan tinggi ini dinanungi oleh perusahaan apa, yap benar dinaungi oleh PT Pertamina Persero dan dikelola oleh Pertamina Foundation.

Universitas Pertamina didirikan pada 11 Februari 2016 dan berlokasi di Kebayoran Lama, Jakarta. Kini Universitas Pertamina memiliki 6 Fakultas dengan 15 Program Studi dengan jenjang Sarjana atau S1.


3. Institut Teknologi PLN


Institut Teknologi PLN yang sebelumnya pada saat didirikan di tahun 1998 bernama STT-PLN (Sekolah Tinggi Teknik PLN) ini dinanungi oleh PT Perusahaan Listrik Negara dan dikelola oleh YPK PLN (Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN).

IT PLN memiliki 2 lokasi kampus yakni di Cengkareng, Jakarta Barat dan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Kini IT PLN memiliki 4 Fakultas dengan 13 Program Studi.


4. Universitas Internasional Semen Indonesia


Universitas Internasional Semen Indonesia atau biasa disingkat UISI ini sebelumnya bernama STIMSI (Sekolah Tinggi Manajemen Semen Indonesia).

Perguruan tinggi ini didirikan pada 11 Mei 2013.UISI dinaungi oleh salah satu perusahaan semen BUMN yakni PT. Semen Indonesia Persero dan dikelola oleh Semen Indonesia Foundation.

UISI memiliki gedung kampus yang terletak di Gresik, jawa Timur. Gedung kampus ini terletak satu komplek dengan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Kini UISI memiliki 3 Fakultas dengan 10 Program Studi.

Baca Juga: Berapa Sih Gaji Fresh Graduate di BUMN?


5. Universitas Logistik dan Bisnis Internasional


Universitas Logistik dan Bisnis Internasional adalah hasil gabungan dari 2 institusi pendidikan dibawah naungan PT. Pos Indonesia (Persero) yakni Politeknik Pos Indonesia dan STIMLOG (Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia) pada 24 Mei 2022.

ULBI dikelola oleh YPBPI (Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia), ULBI yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat ini memiliki 2 Fakultas dengan 15 Program Program Studi dengan jenjang Diploma, Sarjana Terapan dan Sarjana.


6.BRI Institute


Perguruan tinggi terakhir dalam daftar kali ini dan mungkin Be-Emers baru mengetahuinya yakni BRI Institute. BRI Institute berada dibawah naungan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan dikelola oleh YBIG (Yayasan Brilian Indonesia Gemilang).

BRI Institute yang didirikan pada 14 November 2018 ini berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kini BRI Institute memiliki 6 Program Studi dengan jenjang Sarjana.

Demikian artikel mengenai 6 Perguruan Tinggi yang dinanungi oleh perusahaan BUMN. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Be-Emers memilih perguruan tinggi swasta yang cocok untuk Be-Emers.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.