Dari Agus Sampai Asep, Komunitas Nama Ini Cuma Ada di Indonesia!

Laman facebook Agus Agus Bersaudara

Laman facebook Agus Agus Bersaudara

Like

Cuma di Indonesia, orang-orang yang memiliki nama yang sama membentuk komunitas dan punya kepengurusan serta agenda yang terstruktur. Komunitas nama apa aja sih yang ada?

Masyarakat Indonesia bisa dibilang suka berkomunal, mereka suka berkumpul. Enggak heran ada banyak kegiatan bersama di Indonesia. Misalnya arisan, lomba 17-an, hingga membentuk komunitas bersama.

Nah, jadi kalau menemukan kesamaan orang Indonesia akan cenderung berkumpul dan membentuk aliansi atas dasar kesamaan tersebut. 

Kalau biasanya kesamaannya dari hobi atau kesukaan pada film dan musik tertentu, ada yang lebih unik di Indonesia yaitu kesamaan nama. Jadi orang-orang dengan nama yang sama beraliansi membentuk komunitas.

Nah tuh apa enggak bingung ya kalau manggil satu sama lain, kan namanya sama ya Be-emers. Jadi, di Indonesia ini ada nama-nama yang sangat pasaran atau populer banget. 


Nama itu masih digunakan dari dulu sampai saat ini. Enggak heran kalau jumlahnya banyak banget sampai bisa bikin komunitas. 

Baca Juga: Kenapa Ya Manusia Demen Banget Ngumpul? Ini Alasannya!


Komunitas Nama di Indonesia


Komunitas bukan sembarang komunitas karena betul-betul niat dengan agenda dan kepengurusan yang terstruktur.


1. Agus


Orang-orang di Indonesia yang bernama Agus berkumpul dalam komunitas yang bernama Agus-Agus Bersaudara. Uniknya komunitas ini berawal dari komunitas online di Facebook dengan nama yang sama dan saat ini sudah ada lebih dari 5 ribu anggota..

Agus-Agus Bersaudara (AAB) memiliki komunitas online per daerah dengan perwakilan yang disebut Dewan Agus Daerah. Komunitas ini sudah ada di 22 provinsi di Indonesia loh. Mereka pernah mengadakan community gathering dan ada sekitar 300 orang yang hadir.


2. Bambang


Bambang jadi nama yang enggak kalah populer di Indonesia dan punya komunitasnya sendiri. Sama, komunitas ini berawal dari komunitas online Facebook. Awalnya, grup yang muncul di tahun 2009 ini hanya berisi 59 orang.

Kemudian terbentuk komunitas bernama Persaudaraan Bambang Sedunia. Saat ini anggota komunitasnya diperkirakan ratusan hingga ribuan.

Baca Juga: Apa Pentingnya Peran Komunitas untuk Bisnis?


3. Sri


Nama Sri juga cukup banyak di Indonesia lho, Be-emers. Komunitas ini berawal dari satu orang Sri yaitu Sri Sayekti dari Semarang yang membuat sebuah komunitas bernama komunitas Sri.

Komunitas ini memiliki motto Dari Sri untuk Sri dan untuk Bangsa. Komunitas ini sudah berdiri sejak tahun 2007 dan memiliki lebih dari 6.000 anggota Sri. Tapi jumlah tersebut belum mencakup semua Sri yang ada di Indonesia lho.


4. Asep


Orang-orang dengan nama Asep membentuk Paguyuban Asep Sedunia pada tahun 2010. Komunitas ini memiliki 4 pilar yaitu agama, sosial, ekonomi, dan pendidikan atau yang disingkat ASEP.

Paguyuban Asep Sedunia juga memiliki konferensi yang dinamakan Konferensi Asep Asep. Mereka juga diketahui melakukan silaturahmi offline sesama anggota komunitas.

Unik banget ya! Mungkin kalau di negara-negara Barat jadi komunitas Michael atau komunitas George ya, Be-emers!

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.