Apa Saja Fitur Terbaru QRIS, Terobosan Bank Indonesia?

Bank Indonesia menghadirkan inovasi terbaru dalam QRIS (Sumber Gambar: Bank Indonesia)

Bank Indonesia menghadirkan inovasi terbaru dalam QRIS (Sumber Gambar: Bank Indonesia)

Like

Perbankan Indonesia semakin maju dengan adanya QRIS, apalagi QRIS baru saja mengeluarkan fitur baru yang semakin memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.

Be-emers pasti udah sering banget melakukan transaksi cashless dan cardless, kan? Bayar apapun tinggal scan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang merupakan inovasi dari Bank Indonesia (BI).

Nah, Be-emers nyebutnya Kyuris atau Kris, nih? Kalau mengacu dari BI, sebenarnya penyebutan QRIS itu Kris, Be-emers. Dan kali ini ada kabar terbaru dan sangat menarik dari BI.

Sesuai  dengan tagline QRIS, yakni CeMuMuaH (Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Handal), kali ini Bank Indonesia (BI) akan menghadirkan inovasi terbaru dalam QRIS.


Fitur Tebaru QRIS

 

Pembayaran menggunakan QRIS (Foto: Canva)

Pembayaran menggunakan QRIS (Foto: Canva)


Tak cuma untuk transaksi pembayaran di merchant dan QRIS Crossborder, sebentar lagi QRIS akan memiliki fitur terbaru. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer, tarik tunai, dan setor tunai hanya dengan menggunakan QRIS. BI menyebutnya sebagai QRIS Tuntas.


Hal yang menarik, transaksi ini tidak perlu dilakukan melalui mesin ATM, tetapi bisa melalui agen QRIS di seluruh Indonesia. Dengan pengembangan fitur QRIS ini, QRIS menjadi solusi yang sangat praktis dan efisien untuk berbagai transaksi keuangan.

Baca Juga: QR Code Masih Efektif Dipakai Buat Bisnis Kamu Enggak Sih?

Nah, inovasi terbaru pada QRIS ini memungkinkan nasabah untuk tidak perlu pergi ke mesin ATM untuk melakukan transaksi. Mereka dapat melakukan transfer, tarik tunai, dan setor tunai melalui agen QRIS di seluruh Indonesia.

Dengan adanya pengembangan fitur QRIS ini, QRIS menjadi solusi yang sangat praktis dan efisien untuk berbagai transaksi keuangan.

Fitria Irmi Triswati, Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, mengungkapkan bahwa BI sedang mengatur aturan finalisasi QRIS untuk tarik tunai, setor tunai, dan transfer.

Jika tidak ada hambatan, dalam waktu dekat QRIS untuk tarik tunai, transfer, dan setor tunai, atau QRIS Tuntas, akan segera diimplementasikan untuk mendukung inklusi keuangan serta memperkuat keterhubungan dan interoperabilitas.


Apa Saja Fitur Baru QRIS?


Bagaimanakah tiga fitur yang akan ada di QRIS? Simak penjelasannya di bawah ini:
 

Penggunaan QRIS (Foto: Canva)

Penggunaan QRIS (Foto: Canva)


1. QRIS Transfer


Fitur QRIS transfer memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi transfer dana antar pengguna QRIS lainnya dengan menggunakan kode QR, baik antara penyedia jasa pembayaran (PJP) bank maupun PJP bank dan non-bank.


2. QRIS Tarik Tunai


Pengembangan fitur kedua memungkinkan QRIS untuk digunakan dalam penarikan tunai. Pengguna dapat melakukan transaksi penarikan dana dengan cara memindai kode QRIS pada mesin ATM atau merchant QRIS yang berfungsi sebagai agen atau mitra untuk tarik tunai.

Baca Juga: Tak Perlu Repot Lagi Jika Keluar Negeri, QRIS Antar Negara Sudah Mulai Berlaku!


3. QRIS Setor Tunai


Fitur ketiga yang akan dikembangkan adalah QRIS setor tunai yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi penyetoran uang tunai menggunakan kode QRIS.

Metode pembayaran push payment digunakan, di mana penyetor menunjukkan kode QRISnya kepada perangkat pemindai pada Mesin Setor Tunai (CDM/ATM) atau merchant QRIS yang berfungsi sebagai agen atau mitra untuk setor tunai.

Keren banget ya, Be-emers?

Dengan kehadiran fitur ini, nantinya kamu dapat menggunakan pembayaran QRIS untuk transfer, tarik tunai, dan setor tunai, sehingga tidak perlu pergi jauh-jauh ke mesin ATM atau cabang bank untuk melakukan penarikan atau penyetoran tunai.

Selain itu, kamu juga dapat membantu keluarga di desa yang tidak memiliki rekening bank dengan mengirim uang melalui QRIS.

Melalui pengembangan-pengembangan yang ada, QRIS terus menyediakan fitur yang komprehensif dan memberikan kenyamanan bagi pengguna. Bank Indonesia juga memastikan bahwa QRIS merupakan metode pembayaran non-tunai yang aman bagi masyarakat.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.